Menjaga Indonesia

Penyambutan 1 Ramadan 1441 H di Kota Gorontalo Akan Digelar Online

HABARI.ID I Penyambuta 1 Ramadan 1441 H di Kota Gorontalo akan digelar online, oleh Pemerintah Kota Gorontalo. Termasuk dengan beberapa kegiatan, rutin dilaksanakan setiap Bulan Sucih Ramadan. Demikian kata Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, Kamis (09/04/20), ditemui usai memimpin rapat dengan pemuka agama.

Penyambutan 1 Ramadan 1441 H secara online ini, merupaka satu diantara 15 kegiatan rutin yang dijalankan Pemerintah Kota Gorontalo, setiap tahun.

“Ada sekitar 15 kegiatan yang biasanya kami laksanakan baik itu pada awal menyambut Bulan Sucih Ramadan, sampai dengan pelaksanaa Puasa. Diantaranya penutupan kuliah ba’da subuh, “Tonggeyamo”, buka puasa dengan anak panti asuhan, dan lain-lain,” ujar Marten.

Untuk pelaksanaan Tonggeyamo atau penetapan 1 Ramadan, akan dilaksanakan secara online. Yakni tidak dipusatkan lagi di Rumah Jabatan Wali Kota Gorontalo.

Tetapi setiap kecamatan menggelar kegiatan Tonggeyamo ini secara online, dengan mengundang pemuka agama, adat, Tokoh masyarakat masing-masing satu orang.

“Kota Gorontalo sebagai daerah yang manganut Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah, kami tetap melaksanakan kegiatan yang serupa untuk menyambut Bulan Sucih Ramadan. Namun pelaksanaannya berbeda, yakni tidak menghadirkan orang banyak,” terang Marten.

Hal ini Dia ungkapkan, untuk menaati paket kebijakan tentang pencegahan Covid 19, dimana Pemkot Gorontalo juga andil dalam memerangi Covid 19.

“Artinya, kegiatan penyambutan 1 Ramadan tetap kami laksanakan, tanpa harus melanggar apa yang menjadi kebijakan Pemerintah Pusat, terhadap pencegahan Covid 19,” tutup Marten.(adv/4bink/habari.id).