Penjagub Hamka Hendra Disambut Adat Mopotilolo

oleh

HABARI.ID | Pemerintah Provinsi Gorontalo serta Kabupaten/Kota dan masyarakat terkait lainnya, menyambut kedatangan Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bersama Istri drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, Minggu (15/5/2022) di VIP Bandara Djalaludin Gorontalo.

Kedatangan Hamka Hendra selaku Pj Gubernur, tentu tidak asal-asalan. Gorontalo sebagai Provinsi yang sangat kental dengan adat, acara penyambutan ini dirangkaikan dengan prosesi penerimaan adat Mopotilolo.

Mopotilolo adalah rangkaian adat dalam rangka menyambut setiap pejabat tinggi Negara yang baru pertama kali datang ke Gorontalo. Adat ini adalah tanda memperoleh restu dari masyarakat dan bebas bertugas di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruangan VIP,  prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional. Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan selama Hamka dan istri bertugas di Gorontalo.

Sejumlah agenda telah menanti Pj gubernur Hamka Hendra di Gorontalo. Besok hari dijadwalkan akan ada perimaan adat Moloopu di Rudis Gubernur. Sebelum moloopu untuk Pj gubernur, Pemprov Gorontalo akan menyelenggarakan prosesi adat Mopotolungo untuk mantan Gubernur Rusli Habibie dan Mantan Wagub Idris Rahim,  di rudis masing – masing. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.