Pengembangan Pelabuhan Anggrek Bakal Rekrut 100 Ribu tenaga Kerja, Benarkah?

oleh
banner 468x60

GORONTALO, HABARI.ID I Pengembangan yang dilakukan PT Anggrek Gorontalo International Terminal (AGIT) di Pelabuhan Anggrek, akan membuka lebar lapangan kerja. Konon kabarnya dari pengembangan tersebut bakal merekrut 100 ribu tenaga kerja. Tentang ratusan ribu tenaga kerja yang akan direkrut ini, mulai dipertanyakan sejumlah kalangan.

“Saya kagum mendengar dan membaca berita akan ada perekrutan 100 ribu tenaga kerja oleh PT AGIT sebagaimana perencanaan dari pak Rachmat Gobel,” kata Jasin Mohamad, Wakil Ketua Bidang Perizinan, investasi, pengembangan Ekspor dan Pasar Modal Kadin Provinsi Gorontalo.

banner 468x60

Pihaknya pun mengucapkan selamat dan Sukses atas groundbreaking pengembangan Pelabuhan Anggrek oleh PT AGIT, dimana sesuai perencanaan dari Pak Rachmat Gobel disekitar pelabuhan rencananya akan dibangun industri pertanian yang bisa mempekerjakan 100.000 tenaga kerja.

“Namun yang jadi pertanyaanya adalah industri komoditi apa yang akan dibangun ?. Apakah industri pakan ternak karena provinsi Gorontalo tiap tahun rata-rata memproduksi 500.000 ton komoditi jagung pipilan?,” ujarnya.

Atau industri Tapioka dimana sesuai demplot tanaman ubi kayu digorontalo sampai denga 30 kg per stek.

Pihaknya juga membayangkan 100.000 tenaga kerja itu sama dengan 6 industri pabrik besar yang akan dibangun, perhitungannya seperti industri pakan ternak sekelas Charoen Pokphan Indonesia ( CPI ) yang ada di Makassar, itupun hanya memperkerjakan 532 tenaga kerja.

Begitu juga dengan Industri Tapioka di Lampung oleh PT Budi Strach & Sweetener yang hanya memperkerjakan 1.581 tenaga kerja.

banner 468x60

“Industri Rokok misalnya, seperti PT. Gudang Garam hanya ada 32.389 tenaga kerja, PT. Sampoerna 20.740 Tenaga kerja. Industri makanan seperti PT Indofood Sukses Makmur 35.553 tenaga kerja. PT Mayora Indah 11.854 tenaga kerja,” bebera Jasin Mohamad.

Kalau pun, informasi dari PT AGIT ini benar-benar terjadi, betapa perekonomian di Provinsi Gorontalo khususnya di Gorontalo Utara akan meningkat.

“Tenaga kerja 100.000 orang itu bisa meningkatkan taraf hidup rakyat gorontalo,” ungkapnya.

“Hanya sekarang masih menjadi misteri industri pertanian apa yang akan dibangun ? kita tunggu realisasinya. Semoga Pak Rachmat Gobel bisa mewujudkan cita-cita beliau menjadikan Propinsi Gorontalo menjadi 5 propinsi yang termakmur,” tutup Jasin Mohamad.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di