Pemprov Gorontalo Siapkan Tiga Sektor Potensial Sebagai Daerah Penyangga IKN

oleh

HABARI.ID | Pemerintah Provinsi Gorontalo saat ini sedang menyiapkan tiga sektor potensial di provinsi yakni dari segi infrastruktur, sektor pertanian dan perikanan untuk dijadikan bagian dari penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat menjadi narasumber pada Dialog Pro Aspirasi dengan tema “Pembangunan Regional Gorontalo-Sulteng hadapi IKN”, Senin (29/8/2022) di ruang siar RRI Gorontalo.

“Saat ini kami di Gorontalo tengah melakukan pembenahan – pembenahan dari segi infrastruktur maupun dari sektor pertanian dan perikanan yang menjadi unggulan,” kata Hamka saat dialog

Hamka mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat menetapkan IKN di Kalimantan Timur. Menurutnya hal ini berdasarkan keputusan yang diambil dengan sangat matang dan penuh pertimbangan. Salah satu bentuk dukungan yang telah dilakukan Pemprov Gorontalo menjadi daerah penyangga menuju IKN yakni, terus memperbaiki infrastruktur utamanya pembenahan transportasi darat dan laut. Karena jika dilihat dari letak geografis, Gorontalo dan Sulawesi Tengah termasuk provinsi yang paling dekat dengan IKN.

“Pembenahan Bandara Jalaluddin untuk keperluan transportasi, karena kita memang sangat dekat dengan Kalimantan khususny IKN. Pohuwato juga sedang di bangun satu bandara baru, nanti jadi bandara penyanggah. Kami juga terus berbenah dari sisi pelabuhan untuk transportasi laut,” jelasnya

Jika dirinci, Gorontalo memiliki beberapa pelabuhan penyebrangan yakni pelabuhan Anggrek dan Kwandang terletak di Gorontalo Utara, pelabuhan Tilamuta dan Bumbulan terletak di Boalemo dan Pohuwato serta Pelabuhan Feri di Kota Gorontalo. Pelabuhan ini tentu sangat berguna untuk memperlancar angkutan penumpang maupun barang, yang nanti salah satunya akan difokuskan sebagai pendukung penuh transportasi laut penunjang ke IKN.

“Kami dua bulan lalu sudah melakukan MoU dengan Wali Kota Tarakan,Kalimantan Utara, kami mensuplay kebutuhan di sana dari sektor pertenakan khususnya sapi yang dikirimkan menggunakan kapal kapal KM Camara Nusantara 5 lewat pelabuhan Kwandang. Tentu ini menjadi nilai tambah buat kami,” tuturnya.

Selain pembangunan infrastruktur Hamka juga akan mempercepat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Pihaknya akan mempersiapkan tatakelola birokrasi menuju IKN baru, biar tidak ada culture shock dikemudian hari. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.