Pemkot Mojokerto Gelar Karnaval Kemerdekaan

oleh
Pemkot Mojokerto
Karnaval Kemerdekaan yang digelar Pemkot Mojokerto.[foto_istimewa]

HABARI.ID, KOTA MOJOKERTO I Pemkot Mojokerto sukses menggelar Karnaval Kemerdekaan 2022, Sabtu (20/08/2022). Karnaval peringatan HUT ke-77 RI ini merupakan pertama kalinya setelah pandemi Covid-19.

Pada karnaval kali ini, Pemkot Mojokerto berhasil mengerahkan berbagai elemen warga Kota Mojokerto dan sejumlah kelompok masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam defile. Tingginya antusiasme tersebut merupakan cerminan dari sifat guyub dan gotong-royong yang dimiliki oleh Kota Mojokerto.

“Maka keguyuban kegotong royongan dan harmonisasi hari ini adalah wujud Kota Mojokerto akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk menjadi kota yang lebih hebat,” ujar Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat memberangkatkan peserta karnaval.

Perlu diketahui, total ada 102 kelompok berpartisipasi dalam karnaval yang diberangkatkan dari depan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto, Jalan Raya Surodinawan ini. Antara lain yaitu 24 kelompok penyaji sepeda hias, 20 tim gerak jalan, dan dan 58 instansi penyaji pawai pembangunan atau mobil hias.

Lebih rinci, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K), peserta sepeda hias terdiri atas siswa-sisiwi dari 15 SD/MI dan SMP/Mts swasta, termasuk swasta keagamaan seperti SD/SMP Islam dan SD/SMP Kristen. Kemudian untuk gerak jalan diikuti oleh 11 Gugus SD dan SLB serta 9 SMP Negeri se-Kota Mojokerto.

Sementara para peserta pawai mobil hias, selain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Mojokerto, peserta juga terdapat dari kelompok umum seperti Karang Taruna Kota Mojokerto, sejumlah kelurahan, perguruan silat, perusahaan, dan SMA/SMK di Kota Mojokerto.

Tidak ketinggalan, sosok yang akrab disapa Ning Ita ini juga mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah terlibat baik langsung ataupun tidak langsung dalam menyukseskan acara ini. Termasuk kepada para kepala sekolah se-Kota Mojokerto.

“Tepuk tangan buat para kepala sekolah. Beliau-beliaulah yang menggerakkan seluruh potensi hari ini untuk menyemarakkan HUT ke-77 di Kota Mojokerto,” ucap Ning Ita.

Selain dari peserta, antusiasme luar biasa juga ditunjukkan oleh warga Kota Mojokerto dan masyarakat sekitar yang menyaksikan karnaval tersebut dengan memenuhi sepanjang rute karnaval. Hal tersebut disaksikan sendiri oleh Ning Ita.

“Alhamdulillah, siang hari ini saya melihat kemeriahan sejak saya berangkat tadi, dari jalan Hayam Wuruk, dipinggir kali berantas sampai kesini,” ujarnya.

Sebagai informasi, rute karnaval start di depan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto, kemudian melewati Jalan Tribuana Tungga Dewi, Jalan Brawijaya, Jalan Hayam Wuruk, dan berakhir di depan Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Jalan Hayam Wuruk. (Cha/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.