Pelayanan Dinas Dukcapil Gorontalo Utara Terkendala, Ini Alasannya

Dukcapil

HABARI.ID, GORONTALO UTARA I Beberapa warga terlihat lesu dengan raut wajah sumpek saat berada di kursi antrian Kantor Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gorontalo Utara. Mereka merupakan warga yang datang untuk melakukan pengurusan adminsitrasi namun tidak terlayani.

Salah seorang warga yang tidak ingin menyebutkan namanya menjelaskan, dirinya sudah bolak-balik ke kantor pelayanan tersebut selama hampir 3 minggu namun belum juga mendapat pelayanan.

“Saya sudah 3 Minggu ini memperbaiki KTP yang rusak tapi belum juga terlayani, sudah 2 kali saya datang belum ada pengurusan,” jelasnya.

Kata warga akibat sulitnya pelayanan di Dukcapil membuat aktivitas dan berbagai pengurusan administrasi mereka terganggu. Seperti yang diungkapkan salah seorang pria yang ingin mengurus adminstrasi keuangan namun terkendala akibat E-KTP yang tidak terbaca sistem.

“Saya ingin melakukan pengurusan Bank tapi terkendala,” jelasnya.

Setidaknya pelayanan yang terkendala di dinas tersebut, yakni pengurusan KTP, KK, dan berbagai administrasi kependudukan lainnya seperti surat pindah kependudukan.

Kepala Dinas Dukcapil Beri Keterangan

Namun kondisi tidak optimalnya pelayanan di Dukcapil tersebut, bukan karena kesengajaan. Dari hasil keterangan Kepala Dinas Dukcapil Gorontalo Utara, Sarce Kandou mengatakan hal itu terjadi akibat jaringan yang terganggu dan kerusakan peladen atau yang sering disebut server.

“Terkait KTP itu, server kita sejak bulan Desember rusak, sebelumnya sempat diperbaiki namun sekarang sudah tak bisa diperbaiki,” jelasnya.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Kepala Dinas Dukcapil sudah mendapatkan arahan dari Bupati Gorontalo dan Sekretaris Daerah Gorontalo Utara untuk segera mengganti server yang rusak tersebut.

“Kami sudah dimintakan telaah dari pimpinan daerah, dari Pemda dalam waktu dekat akan mengupayakan pengadaan server baru,” jelas Sarce.

Sementara itu, terkait proses konsolidasi administrasi dan pelayanan, Sarce mengungkapkan hal itu akibat dari jaringan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (ISIAK) Dukcapil Gorontalo Utara.

“Kemarin-kemarin bagus jaringannya, tetapi hari ini memang bermasalah..,”

“Saya sudah berkoordinasi dengan pusat, dari pihak Pusat mengatakan SIAK baik, maka yang bermasalah itu jaringan yang ada di Gorontalo Utara,” jelasnya.

Menurutnya, seharian penuh jaringan terganggu dan menyulitkan pihak operator untuk melakukan penginputan data.

“Kita tunggu seharian tetap tidak bisa. Kita pastikan hari Senin itu sudah tidak bermasalah,” tukasnya.

Sarce berharap, masyarakat untuk dapat besabar dan bijak menyikapi kendala yang terjadi. Selaku Kepala Dinas Dukcapil Gorontalo Utara, Sarce Kandou terus berupaya memaksimalkan pelayanan di instansi vital yang berurusan dengan adminstrasi kependudukan tersebut. (Wi/Habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.