Ners UMGO Gelar Pelatihan BTCLS Kerja Sama HIPGABI Gorontalo

oleh
Ners UMGO

KAMPUS UNGGUL DAN BERKEMAJUAN I Program Studi Profesi Ners Angkatan XV Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) bekerjasama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat Dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Gorontalo menggelar Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) yang berlangsung 15 – 18 September 2022 di Hotel New Rahmat yang buka secara resmi oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa (15/9/2022).

Ketua HIPGABI Gorontalo H. Arifin Umar, S. Kep, Ners, M. Kep dalam sambutannya menyampaikan Pelatihan BTCLS merupakan salah satu agenda atau program yang berkelanjutan dan merupakan salah satu sertifikat pendamping Ijazah bagi mahasiswa dan diwajibkan kepada sebelum turun profesi minimal memilki sertifikat BTCLS,” tegasnya.

Oleh karena itu, Pelatihan yang melibatkan Ners UMGO ini sangat dibutuhkan di tingkat fasilitas kesehatan menjadi standar pelayanan kesehatan menjadi item standar Akreditasi di Rumah Sakit.

Tentunya pelatihan ini juga bisa diharapkan mengurangi angka kecacatan dan kematian bagi masyarakat maupun keluarga kita semua dalam hal kegawat daruratan, trauma, cardio maupun yang lainnya.

Gawat darurat bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan pada sapa saja, maka kunci utama keselamatan orang tergantung pada orang yang menemukan pertama, jika orang pertama tidak tahu apa – apa, maka harapan hidup korban suram, makanya dengan kerjasama ini, sebanyak 36 Mahasiswa ini bisa menjadi penolong, karena akan mahir nantinya jika selesai mengikuti Pelatihan,” tutupnya.

Wakil Dekan Fikes Ns. Fadli Syamsuddin, S. Kep, M. Kep dalam sambutannya menyampaikan ini merupakan angkatan XV dan kerjasama dengan HIPGABI Gorontalo sudah angkatan VIII, dimana sebelumnya kerja sama dengan HIPGABI Sulsel, karena pada saat itu HIPGABI Gorontalo belum ada,” ucapnya.

Pelatihan BTCLS menjadi syarat Mahasiswa Profesi sebelum praktek di Rumah Sakit, makanya dari Prodi memfasilitasi pelatihan ini, angkatan XV ini spesial karena dilaksanakan diluar Kampus karena bersamaan kita sementara menyusun borang untuk persiapan Akreditasi dan Fokus bersama – sama disini dan panitia kita serahkan full ke HIPGABI Gorontalo.

Untuk pelayanan di lingkungan Fikes akan kita maksimalkan dengan sebaik mungkin, terutama pelayanan terhadap mahasiswa, dengan kebersamaan dan kerja sama kita semua, Insha Allah Fikes akan lebih baik kedepannya,” tutupnya.

Ners UMGOWakil Rektor I Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa dalam sambutannya menyampaikan orang yang tidak tahu apa – apa dalam menangani korban maka susah untuk menolong, saya senang hadir diacara ini, karena bicara kesehatan, semua orang membutuhkan itu,” ucapnya.

“Alhamdulillah HIPGABI Gorontalo yang selalu melatih Mahasiswa Fikes dan berharap agar mahasiswa mengikuti materi dengan serius …”

“Saya lihat peserta pelatihan, laki – laki cuman 3 orang, jadi jangan bergantung sama laki – laki yah, perempuan harus bisa mandiri, terutama dalam menangani pasien yang gawat darurat…”

“UMGO sekarang menjadi Universitas Terbaik di Gorontalo, kalau ada gangguan di Media Sosial, itu bagian dari tantangan UMGO, agar semakin maju. Apalagi kita punya Tagline Kuliah di UMGO Imannya kuat, Ilmunya tinggi, Akhlaknya baik dan softskill-nya hebat. “Makanya kita butuh kerja keras, kreatif agar bisa menjadi tenaga kesehatan yang bisa berkiprah di Dunia,tidak cuman di Gorontalo,” tutupnya.

Hadir dalam Pembukaan Pelatihan BTCLS Wakil Rektor I Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Dekan Fikes Ns. Fadli Syamsuddin, S. Kep, M. Kep, Sekretaris DPW PPNI Gorontalo Ns. Gusti Pandi Liputo, S. Kep, M. Kep, Ketua HIPGABI H. Arifin Umar, S. Kep, Ns, M. Kep, Kaprodi Profesi Ners, Ns. Andi Akifa Sudirman, S. Kep, M. Kep, Para Dosen Keperawatan, Pelatih dari HIPGABI dan Mahasiswa peserta BTCLS.(rls/fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.