Nelson Pimpin Rakor Pengendalian Inflasi dan Stabilitasi Harga Pangan Kabupaten Gorontalo

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, KABGOR | Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memimpin sebuah forum penting dalam rapat koordinasi untuk pengendalian inflasi dan stabilisasi harga pangan di Kabupaten Gorontalo tahun 2023. Nelson memberikan penekanan atas pentingnya rapat tersebut sebagai penutup evaluasi tahun dan langkah persiapan menghadapi perayaan natal, tahun baru dan bulan puasa.

Menurutnya, rapat ini bukan hanya sekadar evaluasi, melainkan sebuah forum strategis untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam mengelola pasokan pangan dan menjaga stabilitas inflasi.

banner 468x60

“Rapat ini menjadi sangat penting mengingat adanya momen-momen perayaan yang mendekat, serta kebutuhan spesifik selama bulan puasa. Kami tidak hanya akan mengevaluasi, tetapi juga merumuskan langkah-langkah konkret agar ketersediaan dan harga pangan tetap terkendali,” jelas Nelson, Jumat (08/12/2023).

Nelson menegaskan bahwa rapat tersebut bukan sekadar evaluasi rutin, melainkan juga ajang untuk merumuskan langkah-langkah lanjutan yang harus diimplementasikan oleh semua pemangku kepentingan, termasuk OPD, Bulog, dan pelaku usaha. Ia turut mengapresiasi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Gorontalo yang mencapai angka 70,37.

“IPM kita mengalami peningkatan di tahun 2023, mencapai angka 70,37. Peningkatan ini mencerminkan kesehatan, pengetahuan, dan standar hidup masyarakat yang semakin meningkat. Pencapaian ini memberikan semangat positif bagi kita semua,” ungkapnya.

Dirinya mencatat adanya kenaikan harga beberapa komoditas pangan. Oleh karena itu, langkah-langkah strategis diarahkan kepada OPD terkait, seperti Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan, untuk memberikan gambaran produksi pangan dan daging.

Dinas Perdagangan diminta untuk memastikan pasokan dari luar daerah, sedangkan Dinas Perhubungan diharapkan untuk mengoordinasikan distribusi dan transportasi, sementara Bulog diminta untuk memberikan gambaran kondisi stok.

banner 468x60

“Terkait dengan bantuan melalui Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), bulan lalu sudah dilaksanakan dan harus ada laporan. Tim monitoring akan memastikan pelaksanaannya berjalan baik. Camat juga akan dilibatkan dalam monitoring di lapangan,” tegas Nelson. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di