Menjaga Indonesia

Nelson: Pembangunan Harus Punya Standar dan “Nilai Tambah”

HABARI.ID I Pembangunan harus memiliki standar dan arah yang jelas. Dengan begitu, fase pembangunan tak akan sia-sia.

Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Bupati Gorontalo Nelson pomalingo memandang pembangunan yang tidak substansial hanya akan merugikan negara.

Nelson pomalingo memuturkan, setiap pembangunan harus memiliki standar yang jelas. Alokasi anggaran yang cukup besar serta regulasi otonomi daerah seharusnya dijadikan pedoman dan pondasi dalam membangun.

“Sudah 20 tahun kita berotonomi. Tapi sejauh ini pembangunan masih belum efektif, maka harus ada roadmap dan standar pembangunan …,”

“Sembarangan membangun tanpa standarisasi, hanya akan merugikan. Dan akhirnya hanya terkesan orientasi proyek,” tegas Nelson Pomalingo.

Menurut Nelson, kewenangan dari otonomi daerah menyerahkan seluruhnya kepada Pemerintah Daerah. Berkembang ataupun mandeknya kemajuan daerah, tergantung dari kebijakan pemerintah.

“Alokasi anggaran harus sesuai target. Dan tentu saja harus ada investasi juga, dengan begitu kita bisa mandiri,” ungkap Bupati ke 8 kabupaten Gorontalo itu.

Optimasilasi serta standarisasi pembangunan, kata Nelson, akan memberikan kesempatan dan waktu untuk mencari terobosan lain.

Kegagalan pembangunan akan menguras waktu hingga membuat tiap ide dan terobosan lain terkendala. “Kita punya KUR, dan lain itu potensi besar juga dalam pembangunan,” jelas Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.(dwi/habari.id)