Menteri DTT: Nelson Mampu Hidupkan BUMDes dan Prukades

oleh
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat bersama Menteri Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo pada acara Munas IV KKI, Kamis (12/09/2019)

HABARI.ID I Pemerintah Kabupaten Gorontalo dibawa kepemimpinan Bupati Nelson Pomalingo, terus berbenah menjadi daerah ideal. Nelson pun melakukan banyak hal. Dan itu dimulainya dari tingkat yang paling bawah; desa.

Upaya dan capaian yang dilakukan Bupati Nelson ini mendapat apresiasi dan pujian dari Menteri Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

Eko menegaskan, Kabupaten Gorontalo adalah salah satu daerah yang telah menjalankan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades). Dan itu cukup berhasil, melalui dua komoditi, jagung dan kelapa.

“Pak Bupati punya cita-cita sangat tinggi. Dan beliau berhasil. Ini adalah pencapaian yang sangat luar biasa,” tegas Eko saat mengawali sambutan dalam membuka musyawarah nasional (Munas) IV Koalisi Kependudukan Indonesia ( KKI) tahun 2019, di Hotel Santika Premiere, ICE BSD, Tangerang selatan, Provinsi Banten, Kamis.(12/09/19).

Menteri menambahkan bahwa berjalannya program bumdes dan Prukades di Kabupaten Gorontalo telah menunjukkan keberhasilan. Dan keberhasilan itu mampu mereduksi angka kemiskinan.

Tak hanya itu, di hadapan peserta Munas, menteri Putro Sandjojo menilai kinerja Bupati Nelson pada sektor lain. Dalam kurun waktu tiga tahun, Nelson berhasil meningkatkan investasi.

Seperti diketahui, dalam program pembangunannya, Nelson tidak hanya mengandalkan APBD dan APBN. Tapi juga melibatkan pihak swasta dan investor.

“Tadinya, masuk dalam kategori daerah tertinggal. Tapi sekarang sudah tidak lagi. Prestasinya pasca panen, investasi naik kurang lebih 3 triliun.  sehingga kabupaten Gorontalo menjadi salah satu daerah penghasil jagung di Indonesia dan mengekspor ke Filipina dan Malaysia,” tukas Eko.(fbd/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.