Melahirkan Ide dan Gagasan Demi Kepentingan Pemuda dan Daerah

oleh
ide
Ketua Umum DPD KNPI Provinsi Gorontalo, Ghalieb Lahidjun, saat memberikan materi pada kegiatan dialog bersama KNPI dan HPMIG.

HABARI.ID, PROVINSI GORONTALO I Di tengah yang lain di luar Gorontalo sibuk perdebatkan tentang perbedaan keyanikan, yang terjadi di tubuh KNPI (Komiten Nasional Pemuda Indonesia). Organisasi Kepemudaan yang dinakhodai Ghalieb Lahidjun, memilih melahirkan ide dan gagasan untuk kepentingan dan masa depan pemuda Gorontalo di lokal, regional dan nasional.

Buktinya, bukan hanya prestasi dan pengakuan dari lembaga Nasional seperti MURI (Museum Rekor Indonesia), yang diperoleh DPD KNPI Provinsi Gorontalo.

Tetapi lebih dari itu, dimana Ghalieb Lahidjun dan pengurus serta anggota DPD KNPI Provinsi Gorontalo, sukses merealisasikan program kegiatan yang melibatkan pemuda dari berbagai organisasi baik lokal, regional dan nasional.

Mulai dari program kegiatan religi, pendidikan, olahraga, kesehatan, penguatan dan pembentukan jiwa kepemimpinan terhadap pemuda, sampai dengan kajian-kajian dan diskusi melahirkan sebuah rekomendasi yang diusulkan DPD KNPI Provinsi Gorontalo dan direalisasikan Pemerintah Daerah.

Tidak hanya itu saja, pada kesempatan lain DPD KNPI Provinsi Gorontalo turut menjadi bagian dari kegiatan yang dilaksanakan baik lembaga pemerintahan daerah, perguruan tinggi bahkan masyarakat.

Artinya pengurus dan anggota DPD KNPI Provinsi Gorontalo, bukan hanya menjadikan organisasi ini sebagai wadah bagi generasi muda dari berbagai organisasi, tetapi menjadikan KNPI sebagai tempat bernaungnya semua pemuda di Provinsi Gorontalo.

“KNPI ini bukan milik pengurus dan anggota, tetapi kami hanya diberikan amanah dan tanggungjawab untuk mengelola organisasi ini, agar bisa memberikan manfaat besar bagi semua orang dan lembaga ..,”

“Manfaat yang kami berikan, salah satunya pada kegiatan pendidikan bahasa Inggris dan kajian islam temakit yang tidak hanya melibatkan pengurus dan anggota KNPI. Tetapi, kami turut serta mengajak masyarakat ambil bagian pada kegiatan itu,” ujar Ghalieb.

Mampu Mengukir Sejarah, KNPI Diakui Tingkat Nasional

Hanya di era kepemimpinan Ghalieb Lahidjun, nama DPD KNPI Provinsi Gorontalo tercatat paten di tingkat Nasional khususnya MURI Nasional. Namun, Mantan Presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Universitas Gorontalo ini, tidak mau berlebihan menanggapi hal tersebut.

“Apalah arti sebuah penghargaan dan pengakuan, jika tanpa campur tangan masyarakat. Kami bukanlah apa-apa dan siapa-siapa, hanyalah insan yang diberikan amanah dan tanggungjawab yang harus bersyukur,” ucap Ketua Umum DPD KNPI Provinsi Gorontalo, Ghalieb Lahidjun kepada awak media didampingi Sekretaris Umum DPD KNPI Provinsi Gorontalo, Novaliansyah Abdussamad, usai menerima piaga penghargaan dari Muri Nasional lalu.

DPD KNPI Provinsi Gorontalo dan KOMPAK Gorontalo, saat foto bersama sambil memegang piagam penghargaan Rekor Muri.

Ia jelaskan, saat itu Kamis (23/01/2021) tepat pada momen peringatan Hari Patriotik DPD KNPI Provinsi Gorontalo tidak sendiri mengukir sejarah baru di Provinsi Gorontalo, khususnya dalam membentangkan Bendera Merah Putih sekitar 2300 meter.

Tetapi melibatkan anggota dan pengurus KOMPAK (Komunitas Pekerja Seni dan Pertunjukan) Gorontalo, masyarakat umum dan tentunya generasi muda Provinsi Gorontalo yang bukan lain adalah 2301 siswa siswi di jenjang pendidikan SMA sederajat.

“Prestasi yang kami ukir disaat itu, bukan hanya hasil dari perjuangan kami semata. Akan tetapi karya dari semua unsur, khususnya dukungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan aparat kepolisian, TNI dan Satpol PP yang ikut menyukseskan kegiatan kami di tahun 2020 lalu,” ungkapnya.

Sekretaris Umum DPD KNPI Provinsi Gorontalo, Novaliansyah Abdussamad jelaskan Selasa (28/12/2021) kepada Habari.Id, pada saat itu kegiatan tersebut memang sudah direncanakan dengan waktu sebulan penuh di Bulan Desember.

“Namun perlu menjadi catatan, bahwa inti dari kegiatan itu adalah bagaimana bisa menyatuhkan jiwa nasionalisme pemuda Provinsi Gorontalo pada satu momen berharga ..,”

“Sehingga sejarah itu bukan hanya akan menjadi cerita bagi generasi muda untuk anak dan cucu mereka, ketika sudah berkeluarga. Tetapi akan menjadi bukti, bahwa pemuda Gorontalo terus melanjutkan perjuangan Pahlawan terdahulu,” terang Noval yang juga Juru Bicara Khusus Gubernur Gorontalo.

Dan berbicara soal kolaborasi, DPD KNPI Provinsi Gorontalo kata Noval andil dalam beberapa program kegiatan baik yang diprakasai Pemerintah Daerah mapun DPD KNPI kabupaten dan kota.

Misal dalam pemutusan mata rantai penyebaran pandemi Covid-19, dimana KNPI turut mengutus beberapa anggota turun langsung dalam kegiatan pembagian masker kepada masyarakat.

“Bahkan, KNPI sendiri terlibat dalam pengawasan wilayah perbatasan Gorontalo saat pemberlakuan PSBB lalu. Dan untuk kolaborasi dengan DPD KNPI kabupaten kota, kami kemas dalam agenda konsolidasi serta olahraga,” ucapnya.

Merangkul Pemuda dari Lokal, Regional sampai Tingkat Nasional

Presiden RI Pertama Soekarno Hatta pernah berkata, seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia. Dan hal itu dilakukan DPD KNPI Provinsi Gorontalo, tidak hanya membentuk pola berpikir satu pemuda untuk mengubah dunia.

Tetapi, mengajak semua generasi muda Provinsi Gorontalo baik lokal, regional dan nasional untuk mewujudkan cita-cita sang proklamator Bangsa, melahirkan ide dan gagasan untuk kemajuan daerah.

DPD KNPI Provinsi Gorontalo dalam kegiatan Makrab dan LDK dilaksanakan HPMIG Cabang Yogyakarta.

Sekretaris Umum DPD KNPI Provinsi Gorontalo, Novaliansyah Abdussamad katakan, ada berbagai kegiatan melahirkan ide dan gagasan dilakukan DPD KNPI Provinsi Gorontalo di daerah.

Misal, satu diantaranya adalah dialog fokus kepemudaan yang menghadirkan narasumber asal UGM (Universitas Gadjah Mada) yakni Abdul Gafar Karim, yang juga dosen Fakultas Ilmu Politik dan Sosial.

“Saat itu kami mengangkat tema tentang Pemuda dan Demokrasi Menatap Indonesia Emas 2045. Pemateri itu katakan, meski dengan waktu yang singkat diskusi yang diinisiasi DPD KNPI Provinsi Gorontalo, sangat berisi ..,”

“Selain dihadiri mahasiswa, pemuda dari berbagai organisasi juga dosen perguruan tinggi, kegiatan yang kami laksanakan memberikan rangsangan positif bagi pemuda untuk menata demokrasi,” terangnya.

Di tingkat regional, DPD KNPI Provinsi Gorontalo sendiri Sabtu (25/12/2021) menjadi tamu pada kegiatan dialog bertemakan kontribusi pemuda dalam pembangunan daerah, yang berlangsung di Asrama Beringin Manado bekerjasama dengan HPMIG Cabang Manado.

Menurutnya, kegiatan yang dihadiri langsung Ketua HPMIG Cabang Manado Andri Gani itu berlangsung sukses dan melahirkan beberapa ide dan gagasan, yang kemudian menjadi sebuah rekomendasi DPD KNPI Provinsi Gorontalo untuk kepentingan mahsiswa dan pelajar asal Gorontalo.

“Selain memperkuat silaturahmi, kegiatan tersebut turut menjadi wadah bagi pemuda asal Gorontalo yang menuntut ilmu di Manado, untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka ..,”

“KNPI sejak awal telah mengambil peran dalam kepemudaan di Provinsi Gorontalo. KNPI adalah miniatur kecil dari kebhinekaan Indonesia ..,”

“Ada tiga hal manfaat dari kolaborasi ide dan gagasan yang menjadi rekomendasi melalui dialog tersebut, yakni tentang masa depan pendidikan pemuda, pembangunan daerah dari buah pikir mahasiswa dan pelajar di luar Gorontalo dan pembentukan kepemimpinan untuk pemuda ..,”

“Bicara soal masa depan pendidikan pemuda khususnya mereka di luar Gorontalo, erat kaitannya dengan tempat tinggal dan bantuan seperti beasiswa untuk mereka ..,”

“Sementara pembangunan daerah dari hasil pemikiran mereka yang kami akan rekomendasikan, yakni berupa hasil penelitian yang mereka lakukan di daerah berkembang, untuk diterapkan di Gorontalo baik itu dalam infrastruktur, pendidikan, ekonomi dan kesehatan ..,”

Pengurus dan Anggota DPD KNPI Provinsi Gorontalo, foto bersama Anggota dan Pengurus HPMIG Cabang Manado.

“Terakhir adalah pembentukan jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa dan pelajar khususnya HPMIG, sebab mereka adalah calon-calon pemimpin masa akan datang,” jelasnya.

Penguatan dalam melahirkan ide dan gagasan untuk pemuda, juga dilakukan DPD KNPI Provinsi Gorontalo di tingkat Nasional khususnya mereka yang tergabung dalam HPMIG Cabang Yogyakarta.

Dikemas dalam agenda Makrab dan LDK pada Jumat (17/12/2021) malam lalu, kegiatan bertemakan penguatan kelembagaan dan kekaderan organisasi kemahasiswaan itu, berlangsung sukses.

“Melalui agenda tersebut, saya bersama Ketua Umum DPD KNPI Provinsi Gorontalo, Bung Ghalieb Lahidjun tidak hanya menjadi narasumber dan menyampaikan apa dan bagaimana cara untuk berorganisasi yang baik dan benar ..,”

“Tetapi lebih dari itu, yakni menanamkan jiwa kepemimpinan kepada masing-masing mahasiswa dan pelajar, agar mereka sudah memiliki pondasi awal untuk melakukan hal positif kedepan, setalah mereka sukses menyelesaikan pendidikan ..,”

“Apalagi kita ketahui bersama, HPMIG itu adalah sebuah organisasi yang didalamnya teradapat Tokoh-Tokoh dari berbagai lembaga. Dan pokok-pokok dari materi yang kami berikan, kami harapkan bisa menjadi penguatan untuk menentukan sikap mereka kedepan demi daerah,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *