Menjaga Indonesia

Giliran Masyarakat Gentuma Raya Dapat Bantuan 1.200 Paket Sembako

HABARI.ID I Giliran masyarakat di Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara, dibagikan bantuan sembako sebanyak 1.200 paket oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, Kamis (30/04/20).

Ada sebanyak 1.200 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kecamatan Gentuma raya, menerima bantuan sembako diberikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie secara simbolis.

Dia jelaskan, bantuan tersebut merupakan bersubsidi yang dijual ke masyarakat, Rp 55 ribu. Mengingat kondisi sekarang daerah dilanda bencana non alam, maka bantuan tersebut disalurkan secara gratis kepada KPM.

“Kami salurkan kepada masyarakat secara gratis bantuan ini, namun dibayarkan oleh Baznas melalui dana zakat mal yang berasal dari 2,5 persen gaji ASN Pemerintah Provinsi Gorontalo,” ujar Rusli.

Secara rinci Rusli jelaskan, dalam sebulan Baznas Provinsi Gorontalo berhasil mengumpulkan dana zakat mal ini, sekitar Rp 700 juta.

“Bantuan ini tidak termasuk bantuan bahan pangan yang kita transfer ke kabupaten dan kota. Bantuan ini sudah ada sejak tahun 2013, untuk membantu masyarakat yang sekarang kita gratiskan,” terang Rusli.

Selain bantuan pangan, Pemerintah Daerah juga memberikan bantuan dana tunai sebesar Rp 200 ribu, untuk 78 ribu warga.

“Ada juga namanya BLT (bantuan langsung tunai) dari Kementrian Sosial RI, untuk 60 ribu warga. BLT ini diberikan sebesar Rp. 600 ribu perbulan. Jadi masayrakat jangan bingung. Bahan bantuan sudah disiapkan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kota dan kabupaten,” tutup Rusli.(adv/50diq/habari.id).