Masyarakat dan Pemdes Bubeya Dukung Program Bersih Narkoba

oleh

HABARI.ID | Masyarakat dan Pemerintah Desa Bubeya, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango telah menyatakan dukungan terhadap program ketahanan keluarga. Program tersebut merupakan bagian dari terwujudnya Desa Bersinar (Bersih Narkoba), Kamis (21/04/2022).

Kepala BNNP Gorontalo, Brigjen Pol Sukandar mengatakan bahwa keluarga merupakan benteng utama dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Olehnya peran keluarga menjadi hal penting dalam mencegah pengaruh buruk bagi anak-anak ke dalam jeratan narkoba.

“Kalau keluarganya aman dai narkoba maka lingkungan sekitar, baik tingkat RT (Rukun Tetanngga) dan Kelurahan pun menjadi aman. Namun, jika benteng utama itu sudah terpengaruh, maka lingkungan akan menjadi rawan,” jelas Brigjen Pol Sukandar.

Sementara itu, Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Gorontalo, Abdul Muchars Daud menjelaskan tujuan dari kegiatan fasilitasi ketahanan keluarga berbasis sumber daya pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan jumlah keluarga untuk lebih memahami upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika.

“Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah, meningkatkan partisipasi keluarga dalam upaya pencegahan penyalahgunaan, sehingga fungsi keluarga dapat berjalan secara optimal, serta meningkatkan jumlah fasilitasi pembinaan kegiatan ketahanan keluarga di masyarakat. Dan mendorong perangkat desa, stakeholder dalam memaksimalkan sumber daya untuk program ketahan keluarga anti narkoba,” ungkap Muchars.

Menurutnya, sebelum mendeklarasikan sebagai Desa Bersinar maka harus melakukan berbagai tahapan dengan melibatkan komponen masyarakat. Seperti ketahanan keluarga, life skill, soft skill, agen pemulihan, deteksi dini hingga pembentukan relawan anti narkoba.

“Setelah merampungkan kegiatan seperti ini, kami akan melibatkan orang tua dan remaja yang ada di Desa Bubeya untuk memberikan pemahaman bagaimana pentingnya keluarga angguh, tanggap dan kuat dari ancaman narkoba …,”

“Remaja Desa Bubeya juga akan kami bina dan didik, sehingga bisa mengedukasi kepada teman sebaya tentang, nasehat maupun bimbingan tentang bahayanya penggunaan narkoba atau zat aditif lainnya,” tandasnya. (Dik/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.