Menjaga Indonesia

Marten: Layanan Mobil Tinja Harus Sampai ke Pelosok Kota

HABARI.ID I Melalui Dinas PUPR Kota Gorontalo, Senin (10/02/20) menyerahkan dua unit mobil pelayanan tinja yang pengoperasiannya ditangani Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo. Dua unit mobil ini, diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Keberadaan mobil ini, kata Wali Kota, nantinya akan melayani masyarakat sampai ke pelosok kota.

“Ini adalah kebutuhan masyarakat, yang ingin melakukan penyedotan septic tank. Keberadaan mobil ini harus diketahui oleh seluruh masyarakat di Kota Gorontalo, sehingga saya minta nomor atau Call Center pelayanan mobil tinja disebar,” terang Marten.

Sementara itu Kepala DLH Kota Gorontalo Junaedi K Demak jelaskan, keterbatasan mobil pelayanan yang sebelumnya hanya satu unit, sempat membuat pihaknya kelabakan melayani masyarakat yang ingin melakukan penyedotan tinja.

Namun dengan bertambahnya mobil pelayanan ini, pihaknya akan lebih maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami sudah sangat bersyukur Pemerintah Kota Gorontalo memberikan bantuan dua unit mobil operasional, untuk melayani masyarakat …,”

“Tetapi kami sangat berharap pula, kendaraan dengan fungsi yang sama ini, dilakukan penambahan lagi. Sebab hal ini mengingat luas dan jumlah penduduk serta rumah di Kota Gorontalo begitu banyak,” ungkap Junaedi.

Selain itu, pembangunan Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) harus terpusat di satu titik di wilayah Kota Gorontalo.

Karena menurutnya, ini bisa membantu kegiatan yang dilaksanakan oleh DLH, khususnya terkait pelayanan penyedotan tinja.

“IPAL ini bisa membantu tugas kami, dan idialnya untuk Kota Gorontalo harus memiliki lima sampai enam unit mobil tinja,” tutup Junaedi.(4bink/habari.id)