Menjaga Indonesia

Lingkungan yang Bersih Bisa Mereduksi Resiko Penularan Virus Corona Covid 19

HABARI.ID I Lingkungan yang bersih, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, masih dianggap sebagai cara yang mereduksi resiko penularan virus Corona Covid 19. Belum ada vaksin yang bisa menyembuhkan manusia yang terpapar virus yang sudah ditetapkan sebagai pandemi global ini.

Dengan lingkungan yang bersih disertai dengan kebiasaan hidup sehat ini, bisa mengurangi resiko penularan virus yang telah menelan ribuan korban di seluruh dunia.

Kontak fisik dengan orang maupun benda yang sudah terpapar Covid 19, menjadi cara paling mudah bagi orang lain untuk terjangkit virus ini.

Di lokal Gorontalo sendiri, DBD (Demam Berdarah Dengue) juga menjadi faktor lain yang memunculkan keresahan warga, selain virus Corona.

Gorontalo telah menyatakan darurat penyebaran DBD. Dalam tiga bulan terakhir, sudah ada 3 orang dinyatakan meninggal dunia karena DBD.

“Masyarakat harus bisa menjaga lingkungan tetap bersih. Karena dengan cara itu bisa mengurangi resiko penularan virus Corona dan DBD yang kian meresahkan,” kata Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Gorontalo Hadijah Tayeb usai kegiatan bersih lingkungan yang diprakarsai pemerintah Kabupaten Gorontalo, Minggu (15/03/2020).

Lanjut Sekda Khadidjah, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan cara ini, masyarakat bisa terhindar dari berbagai bakteri maupun virus pembawa penyakit.

“Yang perlu kita lakukan adalah hidup sehat. Sudah banyak korban akibat Covid-19 ini. Di sisi lain kita juga harus diperhadapkan dengan masalah DBD yang penderitanya terus bertambah,” tutupnya.(dwi/habari.id)