Ketua KPU: Calon Anggota KPPS Utamanya Harus Sehat

oleh
kpps
Rapat Koordinasi Pembentukan KPPS untuk Pemilu tahun 2024 Kabupaten Bone Bolango.
banner 468x60

HABARI.ID, PEMILU I Sekitar 230 anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), meninggal dunia di Provinsi Gorontalo usai menjalani tugas pada Pemilu di tahun 2019 lalu.

Nah, inilah salah satu alasan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Bone Bolango, menjadikan kesehatan sebagai syarat utama bagi calon KPPS untuk menjadi penyelenggara Pemilu tahun 2024.

banner 468x60

Hal ini seperti disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango, Sutenty Lamuhu pada pembukaan rapat koordinasi pembentukan KPPS untuk Pemilu tahun 2024, Jumat (08/12/2023).

“Mengingat begitu banyak anggota KPPS jatuh sakit bahkan meninggal dunia, pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019 lalu, maka kami tidak ingin hal tersebut terjadi pada Pemilu tahun 2024 ..,”

“Sehingga, pada proses atau tahap perekrutan dan seleksi KPPS ini, syarat utamanya harus sehat fisik, memiliki mental dan semangat yang kuat serta integritas tinggi,” ujarnya.

“Tidak hanya itu saja, harus memiliki surat keterangan kesehatan dan tidak memiliki riwayat penyakit,” timpalnya.

Ia sampaikan lagi, bahwa rapat koordinasi tentang pembentuka KPPS Pemilu tahun 2024 ini melibatkan semua unsur.

banner 468x60

“Kegiatan yang kami gelar ini melibatkan semua unsur baik dinas-dinas terkait, aparat hukum dan unsur media ..,”

“Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi terkait dengan persiapan-persiapan perekrutan anggota KPPS pada Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bone Bolango,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di