Kesejahteraan Guru Honor jadi Prioritas Pemerintah Kabupaten Gorontalo

oleh
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat menghadiri Diklat Kompetensi Guru berbasis Zonasi se-Kabupaten Gorontalo, yang diselenggarakan di Gedung Misfala Limboto, Kamis (24/10/2019). | Dwi/Habari.id

HABARI.ID I Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan menjadikan kesejahteraan guru honorer sebagai prioritas utama. Sebagaimana diketahui, saat ini banyak guru honor yang belum mendapatkan kesejahteraan yang layak seperti halnya guru PNS. Meskipun beban kerjanya sama, bahkan lebih dari PNS.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjelaskan, guru merupakan subjek utama dalam penciptaan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain guru yang berstatus PNS, menurut Nelson, guru-guru honor juga harus diperhatikan perkembangan dan kesejahteraannya.

Sebab, di Kabupaten Gorontalo, jumlah guru honorer lebih banyak jumlahnya dibandingkan guru PNS; hanya berjumlah sepertiga dari guru honor.

“Jangan hanya memperhatikan PNS, tapi seluruh tenaga guru honorer harus jadi perhatian kita. Yang masih menjadi problem saat ini adalah tenaga guru untuk sekolah PAUD, karena anggarannya ada di desa,” ungkap Nelson, pada kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Guru berbasis Zonasi, Kamis (24/10).

Untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honor, kata Nelson, Pemkab Gorontalo akan berupaya menambah alokasi anggaran APBD bagi para tenaga honorer. Selain itu, ia berharap pemerintah desa dapat bersinergi secara penuh terkait pengembangan kesejahteraan para guru PAUD yang ada di desa-desa.

“Gaji mereka hanya begitu saja (kecil), jadi jangan ditekan.Alhamdulillah, dengan perjuangan kita di pusat, anggaran APBD untuk peningkatan kesejahteraan guru (PNS/Honor) kita naik.” (Dwi/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.