Kambers Perkenalkan Alat “Ajaib” yang Mampu Mengurai Sampah Plastik Jadi BBM

oleh
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, ketika foto bersama komunitas kambungu beresi (Kambers), usai meninjau Pirolisis (alat pengurai sampah plastik jadi BBM), di Kecamatan Asparaga, Sabtu (7/9/2019)

HABARI.ID I Sampah plastik, masih menjadi momok menakutkan, dan dianggap bakal mengancam keberlangsungan hidup di masa depan.

Berlatarbelakang problem tersebut, baru-baru ini Komunitas Kambungu Beresi (Kambers) membuah sebuah alat yang bisa menjadi solusi masalah sampah plastik.

Alat Pirolisis namanya. Sebuah mesin sederhana yang mampu mengurai sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Saat mengetahui terobosan itu. Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, langsung melihat proses dan cara kerja Pirolisis, Sabtu (7/9/2019).

Profesor bidang lingkungan ini pun sangat mengapresiasi kinerja komunitas Kambers, serta akan menjadikan alat tersebut sebagai penunjang program pemerintah kabupaten Gorontalo.

“Pemerintah berencana membeli alat ini, dan akan dibagikan ke tiap kecamatan …,” kata Nelson, di sela-sela kegiatan itu. “Semoga permasalahan sampah plastik bisa teratasi.”

Ketua komunitas Kambers, Sugandi Hamzah, menjelaskan bahwa mereka sangat prihatin soal sampah plastik yang terus meningkat. Pirolisis, kata dia, sudah pernah diuji pada sebuah genset, dan berhasil.

“Ide ini muncul karena melihat fakta-fakta sampah plastik yang menumpuk. Baik di pekarangan, sungai, danau dan tempat lainnya,” ungkap Sugandi.(habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.