Menjaga Indonesia

JKMPC Dijamu Gubernur, Pesta Rakyat Jadi Pelipur

HABARI.ID I Rombongan touring Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 yang sebagian besarnya adalah anggota JK Merah Putih Community (JKMPC), akhirnya tiba di Kota Gorontalo, Rabu (26/02/2020). Malamnya, JKMPC dijamu Gubernur makan malam di rumah dinas Gubernur Gorontalo.

Suguhan pesta rakyat yang digelar di lapangan Taruna Remaja, seperti menjadi pelipur lelah bagi anggota JKMPC usai menempuh perjalanan ratusan kilo meter.

Pesta rakyat dan makan gratis bagi warga yang datang ke Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo. Sedikitnya 2000 porsi makanan gratis disiapkan oleh panitia untuk menjamu warga. Makanan dibeli dan disiapkan dari para pedagang kaki lima yang biasa berjualan di lokasi.

JKMPC dijamu dengan hiburan rakyat yang menghadirkan artis ibu kota. Larut mereka dalam suasana santai. Sebagian besarnya menggunakan upiah karanji atau songkok keranjang yang khas warga Gorontalo.

“Kami start dari Makassar sampai di Gorontalo ada kesan yang mendalam. Di Sulawesi ternyata banyak pemandangan yang sangat indah dan pantainya bersih. Mudahan-mudahan acara semacam ini bisa diagendakan tahunan untuk ekplorer keindahan Sulawesi,” ungkap Ketua JKMPC H Bakri.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai Jelajah Wisata Sulawesi sebagai momentum bagus untuk memperkenalkan spot-spot pariwisata di Pulau Celebes. Pemerintah daerah yang disinggahi juga antusias dengan melakukan penyambutan di setiap daerah.

Pedagang di kompleks lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo turut menyediakan makanan untuk 2000 warga dalam rangka menyambut rombongan Jelajah Wisata Sulawesi 2020. [foto_istimewa]

“Hampir semua daerah yang kami lewati dipenuhi pohon yang rindang. Begitu masuk di Gorontalo bukit-bukitnya ditanami jagung. Ini yang saya pesan kepada masyarakat Gorontalo untuk memperhatikan masalah lingkungan,” kata Gubernur Rusli Habibie.

Setelah singgah di Kota Gorontalo sebagai Etape kelima, rombongan Jelajah Wisata Sulawesi akan melanjutkan touring ke Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut) melewati wilayah Bolmong Selatan.(rls/fp/habari.id)