Menjaga Indonesia

Cara Ta Nou Menggoreng Pisang Bikin Orang Geleng Kepala!

HABARI.ID I Hanya bisa berdecak dan menggeleng-geleng kepala. Begitu rata-rata ekspresi dan reaksi spontan orang-orang yang baru pertama kali melihat aksi unik ta Nou, si penjual pisang goreng. Reaksi anggota JK Merah Putih Community (JKMPC) peserta Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020, pun demikian. Mereka tak percaya dengan apa yang dilakukan ta Nou.

Hal terunik dari aksi perempuan paruh baya yang memiliki nama asli Hartin Maliki ini, adalah cara dia menggoreng pisang.

Tak perlu alat bantu. Tak perlu centong panjang sebagaimana yang dilakukan kebanyakan ibu-ibu saat membuat gorengan.

Ta Nou menggoreng pisang dengan posisi jari-jari tangan tercelup dalam minyak panas mendidih di atas perapian. Mereka menyaksikan itu pada acara pesta rakyat di Taruna Remaja, Rabu (27/02/2020) malam.

Begitu santainya ia membolak balik pisang yang berlumur adonan terigu itu tanpa sedikit pun merasa panas.

Karena aksi yang unik dan tak biasa ini, ta Nou pernah diajak melawat ke Malaysia, Belanda dan juga Perancis.

Banyak yang tak percaya dengan aksi ta Nou ini. Sampai-sampai ada seorang personil JKMPC mencelupkan daun ke dalam wajan, hanya sekedar memastikan apakah minyak itu benar-benar panas atau tidak.

Aksi ta Nou, menjadi sisi lain dari gelaran Pesta Rakyat dan Makan Gratis yang diprakarsai Pemprov Gorontalo, sekaligus sebagai penyambutan rombongan Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020.

Selama dua hari, rombongan yang berhasil menyelesaikan perjalanan ratusan kilo meter ini, akan berada di Gorontalo, sebelum melanjutkan eksplor destinasi wisata yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

Kamis (27/02/2020), masih akan melakukan agenda kunjungan ke beberapa objek wisata, termasuk Benteng Otanaha di wilayah Kota Gorontalo dan wisata hiu paus di Bone Bolango.

Dan pada Jumat (28/02/2020), agenda JWS 2020 masih akan berlanjut. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama rombongan para pencinta Rubicon ini akan melanjutkan etape 6, perjalanan ke Bolsel, Boltim dan Bolaang Mongondow induk, Kota Tomohon dan akan berakhir di Kota Manado.(rls/fp/habari.id)