Jadi Pembicara Pada Seminar Kebangsaan, Bupati Nelson Apresiasi BEM UMGO

oleh
Seminar Kebangsaan
Seminar Kebangsaan yang digelar BEM UMGO menghadirkan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo sebagai nara sumber.[foto_istimewa]

KAMPUS UNGGUL DAN BERKEMAJUAN I Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo, menjadi pembicara pada Seminar Kebangsaan di Gedung David Bobihoe Akib, Kamis (29/9/ 2022) yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Kegiatan yang bertemakan Jaring Pengamanan Sosial : “Menakar Progresivitas Program Bantalan Sosial Pemerintah Jokowi”, telah menghadirkan narasumber dari berbagai pihak mulai dari, Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase, M.Si., Kapolres Gorontalo, AKBP. Dadang Wijaya, SIK., MM., Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo Syamsul Baharuddin, dan bertindak sebagai moderator Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, Dr. Apris Ara Tilome.

“Luar biasa ketua BEM UMGO bersama jajaran yang telah menggagas Seminar Kebangsaan ini, terimakasih adik-adik BEM karena sebagai akademisi maka budaya diskusi harus terus di dorong karena demo adalah langkah akhir dari ketika aspirasi rakyat tidak didengarkan…,”

“dengan adanya ini saya melihat UMGO sudah sangat berkembang dengan baik apalagi dalam melaksanakan diskusi pencerahan untuk membangun daerah seperti saat ini,” tandasnya.

Bupati Nelson mengaku berbangga bisa hadir di UMGO yang sebelumnya pada Rabu (28/9/2022) kemarin, ia turut mendampingi Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat memberikan sosialisasi empat pilar MPR di Gedung Indoor UMGO.

“Setiap saya datang ke UMGO seperti bernostalgia 7 tahun lalu sebagai rektor UMGO pada tahun 2012-2016 dan sampai saat ini saya tercatat sebagai guru besar UMGO. Pada awal saya rektor UMGO mahasiswanya sekitar 815…,”

“dan ketika saya tinggalkan sampai saat ini sudah ribuan mahasiswa, dosen yang S2 juga sudah banyak bahkan sekitar 30 orang yang memperoleh gelar doktor begitupun aset-aset di kampus UMGO terus berkembang,” ungkapnya.

Nelson melanjutkan, hari ini mahasiswa bicara tentang kepentingan rakyat atau bantuan sosial, banyak hal yang kita lakukan untuk kemajuan masyarakat apalagi pada tri drama perguruan tinggi tidak hanya belajar tapi juga melakukan riset dan pengabdian.

“Saya tentu mengapresiasi adik-adik BEM karena mereka bicara tentang kebutuhan masyarakat terutama masyarakat miskin ini luar biasa, mereka mendorong sebagai orang ilmiah mencari data, mencari fakta dan memahami dan insha Allah implementasinya akan mereka kawal…,”

“Oleh karena itu tadi saya sudah menyampaikan beberapa informasi yang berkaitan dengan jaminan sosial apalagi kita baru keluar dari Pandemi Covid – 19, BBM naik, krisis ekonomi dan inflansi juga sebagainya, ini hal yang strategis yang harus kita bahas dan kita berharap adik-adik mahasiswa bisa memahami persoalan yang terjadi sehingga ada pengawalan dari awal sampai dengan akhir,” jelasnya.

Presiden BEM UMGO, Farel Novriyanto W. Kahar, saat memberikan sambutan menjelaskan kegiatan ini merupakan inisiatif BEM dan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk kiranya membangun kerjasama dalam membawa perubahan dalam daerah.

Terakhir, Wakil Rektor III bidang Akademik Dr. Apris Tilome saat memberikan sambutannya mengatakan
kegiatan seperti ini guna menambah wawasan dan pengetahuan baru bagi mahasiswa.

“Ini sejalan dengan bagian dari tagline kami, yakni, kuliah di UMGO Imannya kuat, Ilmunya tinggi, Akhlaknya baik dan Softskillnya Hebat,” tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Ketua Bem UMGO dan jajaran, mahasiswa UMGO dan para narasumber.(fp/habari.id)