Hasil Riset PT. Harvest, Kandungan Omega 3 Ikan Oci Lebih Tinggi dari Ikan Salmon

oleh
Ikan Selar Kuning, Yellowstripe scad (Selaroides leptolepis), konon memiliki kandungan Omega 3 yang lebih tinggi dari ikan Salmon.[foto_istimewa]

HABARI.ID Ikan Oci (nama lokal, red) atau ikan Selar Kuning, ternyata memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi. Riset yang dilakukan PT. Harvest Gorontalo Indonesia (HGI), kandungan omega 3 pada ikan selar lebih tinggi dari ikan Salmon.

Ikan selar ini, masuk dalam project riset yang dilakukan PT. HGI. “Ikan selar, yang oleh masyarakat lokal lebih akrab dengan nama ikan oci, menjadi bagian dari project penelitian bidang konsumsi di PT. HGI ini,” kata Direktur PT. HGI, Yamin Lahay, Kamis (12/12/2019).

Menurut Yamin, kandungan omega 3 pada ikan yang memiliki nama latin Selaroides leptolepis ini, lebih bagus dan lebih tinggi dari pada ikan salmon. Omega 3 adalah asam lemak esensial yang diperlukan untuk kesehatan jantung, perkembangan otak dan baik untuk metabolisme dalam tubuh.

“Penelitian pada ikan selar yang kita lakukan ini, bisa meningkatkan nilai ekonomis ikan selar yang banyak terdapat di perairan Teluk Tomini,” kata Yamin.

Tapi untuk mendapatkan kandungan omega 3 yang lebih tinggi dari ikan selar ini, kata Yamin, masih butuh satu fase lagi dalam pengolahannya.

Tentang penelitian ikan selar yang dilakukan PT. HGI ini, juga dikomentari oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, Abduljabar Jahja.

Ikan selar menjadi lebih potensial dengan adanya penelitian ini. “Saking banyaknya ikan oci yang didapatkan nelayan, harganya dipasaran terkadang menjadi murah. Tapi dengan penelitian PT. HGI ini, jelas akan bisa mengangkat harga ikan selar,” kata Abduljabar.

Ke depan, permintaan pasar akan ikan selar, jelas meningkat terutama untuk memenuhi kebutuhan industri. “Kita sudah mengajukan ke pusat untuk membuat tempat penampungan baru khusus untuk ikan ini,” kata Abduljabar.

“Dan kita juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat nelayan mengenai keberadaan ikan selar yang ternyata memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena kandungan omega 3-nya,” katanya.

Ditambahkannya pula, dengan adanya kerjasama antara Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo dengan PT. HGI ini, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan ekonomi di wilayah kabupaten Gorontalo secara makro.(dwi/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.