Menjaga Indonesia
Daerah

Harapan Dibalik Hasil Perjuangan Pahlawan

HABARI.ID I Banyak harapan di Hari pahlawan yang jatuh pada 10 November. Momen dimana tidak hanya menjadi agenda rutin bagi mereka, untuk mengenang perjuangan yang sudah dilakukan keluarga bahkan orang tua mereka pada tahun 1945 silam.

Harapan itu lahir dari keluarga pejuang, terhadap pemerintah saat ini sebagai penerus hasil perjuangan yang diraih oleh pejuang dan pahlawan kala itu.

Santunan bukan menjadi harapan dan belum terasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka.

Apalagi rata-rata diantara mereka sudah berusia lanjut, namun masih begitu semangat menjalankan roda organisasi kerukunan keluarga pejuang di Gorontalo.

Mereka bukan lain adalah para keluarga pejuang, veteran dan anak pahlawan, yang setiap tahunnya diundang oleh Pemerintah Daerah termasuk Kota Gorontalo, pada momen peringatan Hari Pahlawan.

Kegiatan ramah tama bersama keluarga pejuang, digelar Pemerintah Kota Gorontalo Selasa (10/11/2020), mendapat apresiasi dari para keluarga pejuang.

Bahkan mereka menganggap, kegiatan tersebut adalah bentuk penghargaan dan penghormatan bagi mereka, sebagai keluarga pejuang.

Harapan yang disampaikan para keluarga pejuang ini pada kegiatan tersebut, satu diataranya adalah perhatian Pemerintah Daerah, terhadap berbagai kegiatan yang ingin mereka laksanakan.

“Untuk pelaksanaan kegiatan ini, kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Gorontalo, karena ini adalah sebuah penghargaan bagi kami sebagai keluarga pejuang …”

“Selain dari bantuan, tentu kami juga mengharapkan dukungan dan perhatian dari Pemerintah Daerah, terhadap kegiatan yang sering kami laksanakan di momen 10 November …”

“Perhatian itu berupa, jawaban atas kendala yang kami sering alami setiap melaksanakan kegiatan, salah satunya tidak adanya transportasi …”

“Kami sebagai keluarga pejuang, ingin bersama-sama berziarah ke makam pejuang negeri ini, namun kendalanya transportasi, ucap seorang keluarga pejuang.

Berbagai harapan yang disampaikan keluarga pejuang, menuai respon baik dari Pemerintah Kota Gorontalo dalam hal ini Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha.

“Kami akan mengupayakan apa yang menjadi harapan dari keluarga pejuang, terhadap Pemerintah Kota Gorontalo,” ujar Marten.

Kaitannya dengan peringatan Hari Pahlawan tahun ini, dia jelaskan bahwa memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Yakni di tahun ini begitu banyak batasan yang harus ditaati, guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Dan menurut Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini, Pahlawanku Sepanjang Masa bukan hanya sebatas tema belaka dalam rangka memperingati Hari Nasional tersebut.

“Tetapi ini menunjukkan bahwa kita semua selalu ingat dengan jasa para pejuang kita. Dan tema ini mengandung makna bahwa kita akan selalu dan selamanya mengingat jasa dari para pahlawan kita …”

“Dengan demikian kita akan tetap termotivasi dengan semangat para pahlawan, bagaimana mereka dengan tanpa pamrih berjuang untuk keluar dari penjajahan …”

“Sehingga kita dalam membangun bangsa ini, akan terinspirasi untuk berjuang sekuat tenaga dengan pikiran kita dan tanpa pamrih,” terang Marten.(bnk/habari.id).