Gubernur Rusli Minta Pemda Berdayakan Produk UMKM Lokal

oleh
oleh

HABARI.ID | Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menganjurkan pemerintah daerah di Gorontalo untuk terus memberdayakan produk UMKM lokal. Rusli menyebutkan salah satunya adalah dengan membeli dan menggunakan air minum dalam kemasan (AMDK) lokal yakni air kemasan Boneva.

“Saya senang sekali melihat pabrik air Boneva ini, karena air ini menggunakan air lokal sangat jernih, sangat bagus. Rasanya juga enak, tidak berbeda jauh dengan brand air kemasan pada umumnya,”ungkap Gubernur Rusli Habibie saat meninjau langsung pabrik air kemasan Boneva, di Kabupaten Bone Bolango, Rabu (3/11/2021).

banner 468x60

Rusli bahkan berencana akan melakukan MoU dengan pemerintah kabupaten/kota, juga para pelaku usaha seperti hotel dan tempat-tempat nongkrong cafe dan restoran, agar supaya menggunkan air kemasan boneva ini disetiap kegiatan.

Tetapi pembelian air mineral boneva ini, diharapkan Rusli tidak langsung di pabriknya. Melainkan memalui UMKM-UMKM lokal yang menjual produk ini. Hal tersebut agar supaya masyarakat makmur, UMKM lokal terus diberdayakan, dan produk bisa ditingkatkan.

“Contoh provinsi Gorontalo ada 34 OPD kan. Nanti kita bagi 34 OPD ini, misalnya lima OPD suplier air kemasana boneva di UMKM A, jadi kita tidak langsung beli di perusahaan air minim ini, tapi kita beli dari UMKM yang menjual air kemasan boneva,” ucapnya.

Untuk pihak perusahaan, Rusli berpesan untuk membentuk satu divisi yang bisa menampung botol – botol plastik bekas, agar tidak berakhir menjadi sampah. Selanjutnya, botol – botol bekas ini bisa di kirim keluar daerah misalnya ke Surabaya yang memiliki perusahaan pengelolaan plastik untuk dikelola kembali. (edm/habari.id)

banner 468x60

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Tinggalkan Balasan