DWP Dibekali Pemanfaatan Teknologi yang Baik dan Bijak

oleh
Habari.Id
banner 468x60

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Cerdas Berinternet menjadi tema yang diangkat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Gorontalo dalam pelatihan yang digelar di Hotel GrandQ, selasa (05/12/2023).

Internet membuka pintu untuk akses infomasi yang luas, peluang pelajar dan interaksi sosial namun bersamaan dengan manfaat tersebut ada juga resiko dan tantangan yang perlu kita tangani dengan bijak.

banner 468x60

Bagaimana “Cara Bermedsos Dengan Cerdas dan Bijak” menjadi tema dari yang diangkat salah satu pemateri Suharti Madjid Daud yang juga sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Gorontalo.

Dalam materinya, Suharti Madjid Daud menerangkan pengaruh bermedia sosial terhadap anak. Anak cenderung mengamati dan meniru perilaku orang tua. Olehnya, dengan menjadi cerdas dan bijak dalam bermedsos, maka ibu-ibu memberikan contoh positif bagi anak-anak mereka terkait penggunaan teknologi dan media sosial.

Suharti juga mengimbau pengelolaan privasi dan keamanan media sosial. “Kecerdasan dan kebijaksanaan diperlukan dalam mengelola privasi dan keamanan. Ibu-ibu perlu berhati-hati dengan informasi pribadi, terutama terkait keluarga, anak-anak, dan rutinitas harian mereka” terang Suharti.

Pemateri lain, Abdul Hakim Wijaya Pranata Komputer Ahli Muda Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo dalam materinya diantaranya menjelaskan fungsi dan risiko dari penggunaan internet, menghindari dan melaporkan konten negatif serta

Kuncinya edukasi diri kata Abdul Hakim, pahami jenis-jenis konten negatif yang ada di internet, seperti pornografi, kekerasan, ujaran kebencian, dan lainnya. Dengan mengetahui jenis-jenis konten negatif, Anda dapat lebih mudah mengidentifikasi dan menghindarinya.

banner 468x60

“Laporkan Jika Anda menemukan konten negatif, segera laporkan kepada penyedia layanan atau platform tersebut. Kebanyakan platform media sosial dan situs web memiliki fitur pelaporan untuk konten yang melanggar aturan mereka” terang Abdul Hakim.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di