Dukung Program Pemprov, Korem 133/NWB Lakukan Aksi Gerakan Tanam Cabe

oleh

HABARI.ID | Guna mendukung upaya menekan inflasi di daerah, Komando Resort Militer 133/ Nani Wartabone (Korem NWB) mengikuti Gerakan Tanam Cabe. Program yang diinisiasi Pemprov Gorontalo itu ditandai dengan aksi tanam cabe oleh Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer didampingi Danrem 133/NWB Brigjen TNI Amrin Ibrahim bertempat di Makorem, Rabu (14/9/2022).

Sebanyak 625 pohon cabe diberikan Dinas Pangan. Bibit tersebut berasal dari varietas malita FM dengan ketahanan iklim yang lebih baik dengan tiga warna cabe yakni hijau, unggu hingga jingga.

Penjagub Hamka menyebut Gerakan Tanam Cabe sebagai upaya menekan inflasi di daerah. Selain penyesuaian harga BBM yang memicu kenaikan harga, inflasi Gorontalo paling besar disumbang oleh cabe sebagai komoditi yang sering dikonsumsi warga.

“Kemarin di TV harga cabe sudah Rp80.000 (per kg) pak. Bayangkan orang Gorontalo makan cabe Rp80.000 ekuivalen dengan delapan kilogram beras. Jadi mudah mudahan gerakan menanam cabe ini sudah mulai masif kita galakkan” kata Hamka.

Dijelaskan Hamka, Gorontalo cukup unik jika dibandingkan dengan daerah lain. Cabe menjadi komoditi pangan utama di setiap sajian kuliner daerah. Tidak lengkap suatu makan jika tidak dibumbui dengan cabe segar.

“Hampir semua makanan enggak ada yang enggak pakai cabe. Mau digoreng, direbus semua pakai cabe. Berbeda misalnya di Jawa yang cabenya dikeringkan (supaya bisa disimpan). Jadi kalo kurang diambil itu cabe,” imbuhnya. Hamka berharap program yang diberi nama Batari atau Batanam Rica Sandiri bisa diikuti oleh instansi lain. Minimal bisa memenuhi kebutuhan anggota dan keluarganya.

Bagi masyarakat umum, diminta untuk membuat kelompok beranggotakan minimal 10 orang untuk dibantu bibit cabe gratis. Bisa juga untuk majelis taklim dan sekolah tingkat SMA/SMK sederajat. Warga diharapkan bisa membudidayakan cabe dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Pada gilirannya harga cabe di pasaran bisa terkendali. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.