Menjaga Indonesia

Donor Darah, Aksi Peduli Kemanusiaan yang Nyata

HABARI.ID I Tak hanya melulu tentang aksi “parlemen jalanan”, mahasiswa juga perlu melibatkan diri dalam aksi sosial, seperti donor darah sebagai aksi peduli kemanusiaan yang nyata.

Manifestasi kontrol sosial yang diemban mahasiswa, menurut Ketua Senat Fakultas Teknik UNG, Moh. Zalzaali Akbar, sangat luas bidang cakupannya.

Donor darah yang digelar Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UNG, juga menjadi agenda yang erat hubungannya dengan sosial-kemanusiaan.

“Tak hanya sibuk dengan kuliah, mahasiswa juga harus tampil di garda terdepan dalam memerhatikan masalah sosial. Ada banyak orang yang membutuh darah,” kata Moh. Zalzaali Akbar.

Donor darah yang digelar Senat Fakultas Teknik, Kamis (12/03/2020) ini, bekerjasama dengan PMI Provinsi Gorontalo dan Kimia Farma.

Melakukan sesuatu yang memberi dampak langsung kepada masyarakat, Zalzaali, juga penting bagi mahasiswa sebagai bentuk kepedulian.

“Kedepan, rasa kepedulian ini akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Karena pada dasarnya kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia harus saling membantu,” kata Zalzaali.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UNG Sardi Salim mengatakan, sangat mensuport kegiatan Senat Mahasiswa.

Sebab, kata dia, Teknik Peduli membiasakan mahasiswa untuk berbagi, dan kedepan menjadi alumni yang benar-benar hebat dalam bidang akademik, spiritual dengan rasa peduli yang tinggi terhadap sesama manusia.

“Mahasiswa teknik saat ini telah menunjukkan banyak perubahan dari sisi mentalitas, cara berpikir dan rasa kemanusiannya, sehingga kami sebagai pimpinan fakultas sangat bangga dengan kepengurusan Senat periode ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Teknik Peduli, Fadel Suaib juga mengatakan, selain berpendidikan, rasa empati dan kepedulian seorang mahasiswa juga harus dikedepankan.

“Jadi mahasiswa itu harus peka dengan keadaan, beberapa dari teman kami atau pun masyarakat banyak yang membutuhkan transfusi darah,” ujarnya.

“Karena itu, melalui gerakan kecil ini, teman-teman bisa ikut andil dalam kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya di Provinsi Gorontalo,” tambah Fadel.

Donor darah tersebut diikuti seluruh mahasiswa dan birokrasi Fakultas Teknik UNG. Apresiasi dan ucapan terima kasih juga disampaikan kepada PMI Provinsi Gorontalo dan Kimia Farma yang telah bekerja sama dan memberikan pelayanan terbaik dalam kegiatan sosial ini.(rls/fp/habari.id)