Menjaga Indonesia

Bupati Presentasikan Keberhasilan 12 Tahun di Sidang Paripurna Istimewa HUT Gorut

HABARI.ID, GORUT – Sidang Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Gorontalo Utara ke – 12 tahun 2019 yang dipimpin oleh ketua DPRD, Nurjana Jusuf Mopili berlangsung hikmat.

Sidang yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Gorontalo Drs. Idris Rahim, Wakil bupati Drs. Thariq Modanggu, unsur pimpinan DPRD, Muspida, sejumlah bupati dan walikota se-Provinsi Gorontalo,

ketua-ketua DPRD se-Provinsi gorontalo, pejabat pemerintah Provinsi, pejabat pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo dan Provinsi tetangga yang berlangsung di halaman kantor Bupati, Jumat (26/04/2019), dimanfaatkan Bupati Dr. Indra Yasin, MH untuk memaparkan berbagai program dan sektor pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang selama ini dilaksanakan pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara.

Selain program yang nantinya akan dilaksanakan para periode 2018-2023, Bupati Indra Yasin juga mengungkapkan berbagai keberhasilan pemerintah daerah Gorut kurang lebih 12 tahun sejak berdirinya daerah Gorut.

Di hadapan sejumlah undangan, pejabat dan masyarakat Bupati memaparkan keberhasilan pembangunan yang dicapai dan program pembangunan yang akan dilaksanakan ditahun-tahun mendatang. “Diusia ke – 12 tahun Kabupaten Gorontalo Utara sudah berhasil menurunkan angka kemiskikan dari 33 persen di tahun 2007 dan di tahun 2018 angka kemiskinan berada diangka 18,20 persen berada di posisi 3 se-Provinsi Gorontalo,

berdasarkan hasil evaluasi pemerintah Provinsi Gorontalo ditahun 2015 tinggal 2 persen lebih dari jumlah penduduk usia kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan indeks pembangunan manusia, dan meningkatkan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang dibutuhkan masyarakat”, tegas Bupati.

Di hadapan anggota DPRD dan ribuan masyarakat yang menghadiri sidang paripurna, Bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus melaksanakan program unggulan yang termasuk dalam 127 Janji Kampanye Indra-Thariq periode 2018-2023 diantaranya disektor kesehatan, sektor pendidikan, sektor pertanian, peternakan, perikanan dan sektor perkebunan,

sektor peningkatan Usaha Kecil menengah, peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa melalui program pendamping desa ceria serta peningkatan dan perbaikan perumahan rakyat. “Diulang tahun ke – 12 Gorontalo Utara ini menjadi refleksi dan introspeksi diri terhadap pemerintah daerah. Selama ini pemerintah daerah sudah melakukan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

Akan tetapi sebagai daerah yang baru membangun kami mengakui masih ada kekurangan dan aspirasi masyarakat yang belum terlaksana. Karena itu kami butuh koreksi dan saran guna perbaikan dan penyempurnaan pembangunan dimasa yang akan datang”, jelas Bupati.

Kepada seluruh elemen masyarakat bupati mengajak untuk mendukung seluruh program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan juga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kegiatan Paripurna dirangkaikan dengan penandatangan MoU kerjasama antara Pemerintah daerah dengan Pihak Badan Keamanan Laut (Bakamla) Wilayah Tengah, STITEK Bina Taruna Gorontalo, Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta, dan Tionghoa Culture Center.(hms/hb.id)