Menjaga Indonesia

SE No. 6/2020: Buka Puasa Bersama Ditiadakan

HABARI.ID I Buka puasa bersama ditiadakan. Ini menjadi salah satu point yang dituangkan dalam SE Menag No. 6/2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1441 H di Tengah Pandemi Covid 19 yang baru diterbitkan.

SE tertanggal 6 April 2020 yang ditandatangani Menteri Agama RI, Fachrul Razi itu, membatasi rangkaian ibadah Ramadan dan Idul Fitri termasuk buka puasa bersama yang kerap melibatkan banyak orang.

buka-puasa-bersama1Upaya ini dilakukan untuk mencegah adanya kemungkinan perebakan infeksi virus Corona. Bukan hanya ifthar jama’i (buka puasa bersama) yang lazim digelar lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid dan musala yang ditiadakan.

Pelaksanaan Nuzulul Qur’an dalam bentuk tablig yang biasanya menghadirkan penceramah dengan jamaah dalam jumlah besar, salat Idul Fitri yang biasa dilaksanakan berjamaah di masjid atau di lapangan, juga ditiadakan. Pada point ini, Menag berharap ada Fatwa MUI yang diterbitkan menjelang waktu pelaksanaannya.

buka puasa bersama2Masyarakat juga diharapkan tidak melakukan kegiatan tarawih keliling, takbiran keliling. Takbiran cukup dilaksanakan di masjid dengan menggunakan pengeras suara. Begitu juga dengan pelaksanaan pesantren kilat. Hanya bisa digelar jika melalui media elektronik.

buka puasa bersamaPada proses pengumpulan zakat fitrah dan penyalurannya, juga diatur termasuk adanya penerapan protokol kesehatan. Petugas penyalur zakat diharuskan menggunakan alat pelindung kesehatan, mulai dari menggunakan masker hingga sarung tangan.

buka puasa bersama
Surat Edaran No. 6 Tahun 2020. Sumber: Kemenag/Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo

Dan organisasi pengumpul zakat, diwajibkan melakukan pendataan mustahik, tetap melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat maupun ketua RT dan RW.***

 

Surat Edaran Menag No. 6/2020, bisa akses di sini !
Sumber: Kemenag/Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo