Menjaga Indonesia

Buka Lapangan Kerja, 2021 Disnaker Kabupaten Blitar Gelar Job Fair

HABARI.ID, KABUPATEN BLITAR I Pemerintah Kabupaten Blitar akan menggelar pameran bursa tenaga kerja, Job Fair. Sekitar ribuan lapangan kerja dari dalam dan luar negeri akan digelar secara virtual pada Job Fair 2021 nanti.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri dan Informasi Pasar Kerja, Yopie Kharisma saat ditemui dikantornya, Jumat (23/10/2020), mengatakan bahwa lapangan pekerjaan yang akan dibuka dalam Job Fair tahun 2021 mendatang pendaftarannya akan dilaksanakan secara online.

“Ini dilakukan dengan pengalaman di tahun 2020 ini kita mengalami masa-masa sulit, yaitu pandemi COVID-19. Job Fair akan dilaksanakan secar virtual dan pendaftarannya secara online,” kata Yopie.

Dari data yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja, tercatat ada ribuan lebih lowongan pekerjaan. Kebanyakan didominasi sales dan marketing, karyawan pabrik serta toko. Selain lowongan kerja sales, lanjutnya ada juga lowongan kerja di sektor perbankan, hotel, industri, pembiayaan, perdagangan dan perkebunan.

Yopie Kharisma mengungkapkan, dengan adanya lowongan kerja yang potensial itu, dirinya saat ini sedang mencari formula untuk solusi dalam rangka menggelar Job Fair secara vitual ditahun 2021.

Cara melamarnya bisa dilakukan melalui online dengan mengakses lewat situs “Sinaga” atau Sistem informasi Tenaga Jerja.

“Memang banyak masyarakat yang mencari pekerjaan di tengah pandemi ini. Oleh karena itu kami akan terus melakukan terobasan agar masyarakat kabupaten Blitar dapat mengakses informasi tersebut,” ujarnya. (ADV/KMF/tos/habari.id)