Menjaga Indonesia

Benih Jagung Untuk 24.500 Ha Bagian Dari Ketahanan Pengan

HABARI.ID I Pencairan bantuan benih jagung untuk 24.500 Ha lahan di Kabupaten Pohuwato, Rabu (10/6/2020). Menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Gorontalo terhadap ketahanan pangan daerah.

Bantuan benih jagung yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Gorontalo itu, digelar di Kecamatan Popayato Barat dirangkaikan dengan penyerahan Bantuan Pangan Bersubsidi untuk 750 KPM.

Bantuan benih jagung tersebut dialokasikan untuk 1.245 petani jagung Pohuwato. Khusus untuk Kecamatan Popayato Barat, dialokasikan bagi 75 petani dengan luas lahan 1.705 Ha.

“Bantuan benih jagung ini tolong dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Meskipun saat ini lagi pandemi covid-19, saya berharap bapak ibu petani tetap produktif bertani,” ujar Rusli.

Gubernur dua periode itu juga mengingatkan, tentang kebijakan baru yang digagasnya. Setiap penerima bantuan program dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, wajib berkebun di rumah masing-masing.

“Polybag dan benih tanaman seperti buah-buahan, sayur dan rempah-rempah disediakan oleh Dinas Pangan. Artinya bapaknya bekerja di luar rumah, maka istrinya berkebun ikut program kawasan rumah pangan lestari …”

“Minimal berkebun ini, untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga. Disamping itu pula, pada kegiatan ini kami juga menyerahkan sembilan unit sepeda motor berkotak pendingin. Diperuntukan bagi penjual ikan keliling tahun ini sebanyak 60 unit,” tutup Rusli.(sodik/habari.id/rls).