Badan Karantina Pertanian Lakukan Pemantauan Bahan Pangan Pokok

oleh

HABARI.ID | Menjelang hari raya idul fitri, Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Wisnu Haryana bersama Kepala Karantina Pertanian Gorontalo, Muhammad Sahrir memantau ketersediaan 12 bahan pangan pokok di Pasar Sentral Kota Gorontalo, Selasa (26/04/2022).

Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Wisnu Haryana menjelaskan pemantauan ketersediaan bahan pokok tidak hanya dilakukan di Gorontalo saja. Melainkan di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dan Kota.

“Pemantauan ini juga sesuai dengan arahan Menteri Pertanian RI. Adapun hasil pengawasan hari ini di Gorontalo, ketersediaan babah pokok dan harganya masih sangat terkendali,” jelas Wisnu.

Ia menjelaskan lagi, melihat kondisi di lokasi Pasar Sentral dan diskusi bersama para pedagang, ketersediaan maupun harga bahan pangan. Baik beras, telur, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai keriting, daging sapi, daging ayam, serta aneka sayur masih dalam kondisi yang aman.

“Dapat kami sampaikan pula, di Gorontalo ketersediaan bahan pangan berupa beras, jagung dan gula konsumsi posisinya surplus,” kata Wisnu.

Selain itu, terkait ketersediaan minyak goreng ia berpesan agar masyarakat tidak perlu khawatir. Menurutnya dari data yang dimiliki Kementerian Pertanian untuk wilayah Provinsi Gorontalo, masih tersedia sekitar 247 ton dari kebutuhan sebanyak 200 ton.

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Gorontalo, Muhammad Sahrir menyebutkan, selama bulan suci ramadan dan jelang lebaran nanti ia dan jajarannya tetap bertugas seperti biasa. Hal ini guna menjamin kesehatan dan keamanan serta kelancaran distribusi bahan pangan di Provinsi Gorontalo. “Kami di Karantina Pertanian, tetap bertugas dan siaga baik di Pelabuhan Laut, Kantor Pos dan di Bandar Udara,” ucap Sahrir.

Selain melakukan pemantauan, Kementerian Pertanian juga akan mengadakan pasar tani ramadhan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga dan memudahkan masyarakat guna mendapatkan kebutuhan bahan pangan pokok.

“Khusus di Provinsi Gorontalo, kami bakal menggelar besok, Rabu (27/04/2022) di halaman Kantor Karantina Pertanian Gorontalo,” tandasnya. (Dik/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.