Menjaga Indonesia

5 Kesepakatan Gubernur se Sulawesi: Putuskan Mata Rantai Penyebaran Covid 19, Mudik Lebaran Ditunda

HABARI.ID I Ada 5 kesepakatan bersama yang menjadi kesimpulan dari rapat Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) yang digelar Senin (30/03/2020), sangat penting bagi upaya pencegahan dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19 di wilayah Sulawesi. Salah satu keputusan yang dilahirkan adalah menunda mudik lebaran tahun ini.

5 kesepakatan tersebut lahir dari gelar rapat melalui video conference yang dilakukan 6 Gubernur, plus Pangdam XIII/Merdeka, Pangdam XIV/Hasanuddin, Kapolda serta Danrem se Sulawesi.

5 kesepakatan tersebut; point pertama, fasilitas laboratorium yang ada di Sulawesi Selatan akan dijadikan sebagai pusat informasi tentang hasil pemeriksaan virus Corona bagi masyarakat di Sulawesi.

“Terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan yang sudah membuka diri buat wilayah Sulawesi untuk bisa menggunakan laboratorium yang ada di sana …,”

“Sehingga informasi terhadap positif-negatifnya hasil laboratorium ini, dengan cepat bsia kita dapatkan,” ungkap Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang juga sebagai Ketua BKPRS.

Kedua, pembatasan di berbagai sektor yang telah disepakati bersama, akan kebijakan yang sangat bermanfaat. Pembatasan yang akan dilakukan pemerintah Provinsi Gorontalo khususnya, penting bagi wilayah Gorontalo yang hingga saat ini masih berada di zona biru atau daerah yang belum ditemukan adanya kasus Corona.

Ketiga, seluruh Gubernur se Sulawesi bersepakat untuk terus melakukan koordinasi terkait langkah-langkah yang akan diambil dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona.

Keempat, akan dilakukan pengkajian mendalam tentang kebijakan pembatasan jumlah penerbangan dari dan ke Sulawesi terutama bagi Warga Negara Asing (WNA). Sulawesi, masih menjadi tujuan kunjungan WNA, baik kunjungan wisata dan lainnya.

Kelima, para Gubernur bersepakat untuk terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menunda mudik lebaran tahun ini. Hal ini juga penting untuk memutus mata rantai perebakan virus corona di wilayah Sulawesi.

“Imbauan untuk tidak mudik bagi warga di Provinsi kita masing-masing. Lebaran tahun ini kita tunda dulu mudiknya,” tutup Olly. 5 kesepakatan Gubernur se Sulawesi ini, diharapkan dapat dipatuhi masyarakat demi mencegah perebakan Covid 19.(rls/fp/habari.id)