400.000 Apangi: Kearifan Lokal dan Rindu Berkepanjangan

oleh
kearifan
Habari.Id.

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Festival salah satu kearifan lokal Kota Gorontalo, geliatnya kini terlihat di tengah aktivitas masyarakat Kelurahan Dembe I Kecamatan Kota Barat. Rindu berkepanjangan selama dua tahun berturut-turut sejak tahun 2020 sampai tahun 2021, akibat pandemi Covid-19 pun terbayarkan.

Posko dan tenda-tenda berdiri kokoh, tas kemasan menampilkan keunikan dan 400.000 kue Apangi disajikan pada momen 10 Muharram 1444 Hijiriyah tahun ini, Minggu (07/08/2022).

Pagelaran kearifan lokal Kota Gorontalo itu bukan lain adalah, Festival Apangi. Perayaan yang sudah menjadi identitas masyarakat Kelurahan Dembe I, dan sangat dinantikan seluruh masyarakat di Provinsi Gorontalo.

Karena pada event tersebut, masyarakat bukan hanya dimanjakan dengan beragam kue Apangi, tetapi bisa ikut mencicipi Kue Apangi yang dibuat masyarakat Kelurahan Dembe I.

Nah, berbicara soal Kue Apangi tentu masih banyak masyarakat di Gorontalo yang belum tahu asal muasalnya. Singkat cerita, beranjak dari keinginan masyarakat untuk meramaikan Hari Assyura 10 Muharram 1438 Hijiryah tahun 2016 silam.

Dirangkaikan dengan beberapa kegiatan keagamaan dan budaya lainnya, seperti lomba anak sholeh, keterampilan berwudhu, lomba azan, ketepatan gerakan shalat, lomba memasang mukena, keterampilan berpidato. Serta ajang forum ilmia tentang sejarah Benteng Otanaha, diskusi sejarah masjid Quba dan kesenian.

Dari event akbar tersebut, Dembe I pun dinobatkan sebagai Kelurahan Budaya dan Wisata, karena dinilai mampu menjaga budaya dan kearifan lokal daerah.

Apalagi masyarakatnya, konsisten dan kompak dalam melestarikan budaya serta mempromosikan cagar budaya Benteng Otanaha.

Sehingga menjadi nilai tambah bagi Pemerintah Kota Gorontlao, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di daerah.

Selain tergerak dari swadaya dan gotong royong masyarkat, aktor utama sampai terlaksananya Festival Apangi sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang ini, yakni Adriyun Katili.

Mantan Lurah Dembe I yang kini menjabat Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik, pada Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo.

Lelaki berperawakan kecil itu, memang sangat dekat dengan masyarakat dan kreatif. Tidak sedikit inovasi yang Ia lahirkan selama menjabat Lurah Dembe I.

Bahkan pada penghujung jabatannya, lelaki yang akrab disapa Ayah’ Uyun itu masih sempat melahirkan inovasi, yaitu Dembe I Pusat Data terlengkap di Kota Gorontalo.

“Tahun ini masyarakat Dembe I menargetkan sebanyak 400.000 kue apangi, untuk masyarakat ..,”

“Selama dua tahun berturut-turut, sejak tahun 2020 sampai dengan tahun 2021 masyarakat sangat rindu dengan kegiatan ini, karena pada saat itu masih pandemi Covid-19 ..,”

“Dan kini, rindu mereka terbayarkan dengan akan diselenggarakannya kegiatan festival apangi ..,”

“Dari tahun ke tahun, jumlah pembuatan kue apangi terus mengalami peningkatan. Hal ini menjadi komitmen masyarakat Dembe I, untuk mempertahankan budaya kearifan lokal daerah,” ujarnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.