40 Persen Anggaran APBD untuk Pemilu 2024 Disetujui DPRD

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, DEPROV | Sebanyak 40 persen anggaran APBD Provinsi Gorontalo untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 telah disetujui oleh DPRD Provinsi Gorontalo. Keputusan itu terungkap dalam rapat paripurna ke 118 dalam pembicaraan tingkat II APBD Perubahan, Senin (14/08/2023).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Awaludin Pauweni menjelaskan alokasi sejumlah 40 persen dari APBD Provinsi Gorontalo itu sesuai kesepakatan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan pemerintah daerah.

banner 468x60

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu memang belum membeberkan secara rinci berapa banyak nominal anggaran dari 40 persen tersebut. Lembaga legislatif menjalankan tugas sesuai edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) soal alokasi anggaran itu.

“Kita hanya melaksanakan sesuai ketentuan Mendagri sejumlah 40 persen dan tidak kurang. Untuk nominalnya sekitar 30 sampai 40 miliar,” jelas Awaludin Pauweni kepala sejumlah awak media.

Sebelumnya, seluruh fraksi di DPRD Provinsi Gorontalo telah menyetujui perubahan anggaran APBD tahun 2023 dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) juga telah disahkan menjadi Perda. Selanjutnya Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya akan menyampaikan laporan ke Mendagri untuk dievaluasi.

“Selama 14 hari Mendagri akan mengevaluasi itu, setelah itu dikirim kembali hasil evaluasi untuk kita bahas kembali jika ada koreksi atau hal yang perlu diperbaiki. Kalau tidak ada masalah kita lanjutkan ke penjabaran APBD perubahan melakui Pergub,” ucap Awaludin. (dik/habari.id)

banner 468x60

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60