4.450 Siswa Baru Diterima di Kota Gorontalo

oleh
oleh
siswa
Habari.Id

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Wali Kota Gorontalo, Marten Taha senin (17/07/2023) sudah membuka pelaksanaan program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), yang dipusatkan di dua sekolah menengah pertama yakni SMP Negeri 1 Kota Gorontalo dan SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. 

Dari data yang diperoleh melalui Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, tercatat ada sebanyak 4.450 siswa baru baik jenjang pendidikan SD dan SMP di Kota Gorontalo, mulai melaksanakan aktivitas sekolah.

banner 468x60

Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, Lukman Kasim. 

“Jika di totalkan, ada sebanyak 4.450 siswa baru, yang resmi diterima di seluruh lembaga pendidikan baik di tingkat SD dan SMP yang ada di Kota Gorontalo ..,”

“Masing-masing jenjang pendidikan SD sebanyak 2.157 siswa baru, dan SMP sendiri sebanyak 2.293 siswa baru,” ujar Kadis Pendidikan Kota Gorontalo,” ujarnya.

Ia jelaskan lagi, dari jumlah total 4.450 siswa tersebut ada sebanyak 3.881 siswa yang lulus berdasarkan zonasi.

Diantaranya jenjang pendidikan SD sebanyak 2.094 siswa baru, dan SMP mencapai 1.787 siswa baru.

banner 468x60

“Selain itu, ada juga siswa yang lulus melalui jalur prestasi. Mereka berjumlah 60 orang, pada jenjang pendidikan SMP,” ungkap Kadis Pendidikan Kota Gorontalo.

Proses kelulusan siswa baru pada jenjang pendidikan SD dan SMP di Kota Gorontalo, Ia katakan tidak luput dari pelaksanaan program PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Pada data yang dimiliki Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, tercatat ada sebanyak 13.978 peserta yang meminiati sekolah di Kota Gorontalo. 

“Pada proses PPDB beberapa waktu lalu, ada sebanyak 13.978 calon siswa baru yang meminati sekolah di Kota Gorontalo ..,”

“dan melakukan pendaftaran. Diantaranya jenjang pendidikan SD sebanyak 6.610 calon siswa baru, dan SMP mencapai 7.368 calon siswab baru.

“Nah, pada proses pendaftaran tersebut setiap calon siswa diberikan tiga pilihan ..,”

“dan harus memilih satu diantara tiga pilihan tersebut yakni sekolah dimana mereka dinyatakan lulus dan memenuhi syarat ..,”

“Pada proses PPDB tersebut, kami bersyukur berjalan dengan baik,” terang Kadis Pendidikan Kota Gorontalo. 

Sementara itu Wali Kota Gorontalo, Marten Taha sendiri katakan penerimaan siswa baru di Kota Gorontalo baik tingkat SD dan SMP, selalu memperhatikan program pemerataan pendidikan.

Sehingga, pada kelulusan siswa nanti berlangsung secara merata disetiap sekolah.

Dengan artian tingkat kelulusan meningkat berdasarkan rangking setiap siswa, di masing-masing sekolah. 

“Setiap tahun tingkat kelulusan siswa di Kota Gorontalo terus mengalami peningkatan yang signifikan, baik berdasarkan rangking dan prestasi.

“Ini tentunya wujud dari kesuksesan pelaksanaan PPDB di masing-masing lembaga pendidikan, baik SD dan SMP yang ada di Kota Gorontalo ..,”

“Serta bagian dari peran serta guru juga orang tua siswa, yang terus melakukan pengawasan pada peserta didik ..,”

“Saya sendiri, tadi juga menekankan bahwa MPLS di seluru sekolah di Kota Gorontalo harus menciptakan harmonisasi antara warga sekolah, siswa dan orang tua siswa ..,”

“Karena sukses tidaknya pendidikan di Kota Gorontalo itu, juga bergatung pada kolaborasi antara warga sekolah, siswa dan orang tua siswa,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60