Menjaga Indonesia

Warga Desa Girisa Bersyukur Selesainya Pembangunan Infrastruktur

HABARI.ID I Warga Desa Girisa di Paguyaman Kabupaten Boalemo bersyukur dan bergembira atas selesainya pembangunan infrastruktur di desa mereka.

“Terus terang, pembangunan plat duicker ini sejak lama kami impikan dan kamipun sempat putus asa karena dengan adanya Covid-19 yang dampaknya pasti pada pengurangan anggaran di semua sektor, ternyata Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mewujudkan impian kami,” kata Andreas Nonowa, Kepala Desa Girisa, Minggu (18/10/2020).

Bersama Kepala Bidang Bina Marga Abdul Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Gorontalo Fandit Ahmad, Andreas Nonowa melihat langsung hasil pembangunan Plat Duicker yang telah selesai dikerjakan.

Meskipun Desa Girisa berada jauh di pelosok, namun menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Gorontalo. Warga desa ini juga diperhatikan oleh Gubernur Rusli Habibie melalui program unggulan pembangunan infrastruktur yang lebih merata.

Program unggulan ini terus digenjot meski dalam suasana pademi Covid-19. Salah satunya pembangunan Plat Duicker di Desa Girisa ini.

Andreas Nonowa menyangka pandemi Covid-19 akan menghentikan pembangunan plat duicker ini, namun komitmen pemerintah provinsi untuk terus membangun infrastruktur telah mewujudkan sarana yang diidamkan warga.

Andreas Nonowa menambahkan sebelum plat duicker dibangun, jalan tersebut tidak bisa dilalui, bahkan tidak bisa dilintasi oleh kenderaan roda dua maupun roda empat, karena jalan tersebut sudah dipenuhi oleh sedimen.

“Sebelum adanya plat duicker ini sama sekali jalan tidak bisa dilalui karena sedimen cukup tinggi yang terbawa oleh air dan telah menutupi badan jalan. Sehingga akses jalan ini sudah terputus dan masyarakat pun memilih untuk melewati jalan lain,” ucap Andreas.

Plat duicker yang dilaksanakan Bidang Bina Marga tersebut memiliki panjang 2,8 meter lebar 6 meter dan panjang oprit 20 meter dengan menggunakan anggaran pada pemeliharaan rutin jalan dan jembatan pada pada Dinas PUPR Provinsi Gorontalo tahun 2020.

“Saya atas nama masyarakat Desa Girisa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan DPRD yang telah mewujudkan aspirasi kami melalui Dinas PUPR dengan membangun plat duicker yang selama ini kami impikan. Sehingga saat ini hasil dari pekerjaan Dinas PUPR ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat,” lanjut Andreas.

Sementara itu ditempat yang sama Abdul Fandit Ahmad Kepala Bidang Bina Marga yang melakukan monitoring terhadap hasil pekerjaan tersebut mengatakan pembangunan infrastruktur tersebut merupakan salah satu implementasi dari program Gubernur Gorontalo dan Wakil Gubernur Gorontalo.

“Pembangunan infrastruktur baik itu jalan dan jembatan merupakan tanggung jawab dari Dinas PUPR, kami berharap dukungan penuh dari masyarakat untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur yang lebih merata hingga ke pelosok daerah,” tutur Abdul Fandit.(rls).