UPTD Museum Purbakala Sosialisasikan Keberadaan Museum

oleh

HABARI.ID | UPTD Museum Purbakala Dinas Pendiidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo megadakan sosialisasi tentang keberadaan Museum. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang koleksi Museum yang memiliki nilai sejarah.

Kepala UPTD Museum Purbakala Dikbudpora Provinsi Gorontalo Mely Mohamad, menjelaskan jika Museum merupakan jendela kebudayaan. Olehnya, masyarakat perlu lebih mengenal sejarah maupun budaya Gorontalo melalui Museum.

“Melalui sosilisasi ini kami berharap Museum Pubakala bisa lebiih dikenal di setiap lapisan masyarakat. Memang untuk saat ini antusias berkunjung ke Museum setiap hari ada, baik dari kalangan siswa hingga masyarakat umum,” jelas Mely Mohamad.

Sosialisasi Museum di Kelurahan Dulomo, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo ini memang mendapat respon positif dari kalangan masyarakat setempat. Bahkan tak sedikit warga yang memberikan saran agar Museum lebih bisa dikembangkan.

“Museum Purbakala ini memang masih dalam pengembangan, dan itu bertahap. Kami akan lebih berusaha lagi agar Museum memiliki daya tarik, dan sekarang juga tipe nya sudah meningkat,” kata Mely, Rabu (15/06/2022).

Selain sosialisasi tentang eksistensi Museum Purbakala, Mely berharap agar benda bersejarah Gorontalo yang kini dikoleksi oleh masyarakt dapat dihibahkan ke Museum.

“Tujuannya agar peninggalan sejarah itu dapat bertahan keberadaannya. Sehingga, kalau dihibahkan ke Museum kami bisa dapat memelihara dengan baik agar koleksi itu dapat bertahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Jagat Budaya Provinsi Gorontalo Mohamat Nasir menilai, sosialisasi soal manfaat dan fungsi Museum sangat penting. Menurutnya, lembaga tersebut sangat memiliki peran besar bagi kalangan masyarakat tentang peradaban daerah.

“Sehingga dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan dengan sendirinya ereka bisa mendorong anak, cucu untuk memanfaatkan keberadaan Museum. Baik untuk fungsi pendidikan, edukasi maupun untuk rekreasi,” tandasnya. (Dik/Habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.