Tim Asesor LAMSAMA Lakukan Asesmen Lapangan di Prodi Geografi UMGO

oleh
Tim asesor LAMSAMA

KAMPUS UNGGUL DAN BERKEMAJUAN I Tim asesor LAMSAMA (Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal), Kamis (24/11/2022) kemarin melakukan asesmen lapangan terhadap Program Studi Geografi, Fakultas Sains dan Ilmu Komputer (FSIK) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) secara luring.

Dalam pantauan, kegiatan ini berlangsung di Aula Rektorat UMGO yang dihadiri oleh Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua, Ketua Prodi Geografi UMGO, Ahmad Syamsu Rijal S, M.Pd., para dosen Geografi beserta mahasiswa dan tim Asesor yakni, Prof. Dr. Heru Kurwanto, M.Si., dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Prof. Drs. Suharno, B.Sc., M.S., M.Sc., Ph.D., dari Universitas Lampung.

Dekan FSIK selaku Dosen di Prodi Geogarafi, Dr. Talha Dangkua saat memberikan sambutan merasa haru mengingat perjalanan prodi Geografi yang memiliki usai seumuran dengan UMGO yakni 14 tahun, telah mengalami banyak pasang dan surut.

“Prodi Geografi dibangun sejak UMGO berdiri yakni 2008, saya adalah menjadi saksi berdirinya UMGO dan prodi Geografi UMGO meskipun saya akui perkembangan dari Geografi tidak seperti prodi lain tapi kami terus bertekat prodi ini akan terus berkembang dan menjadi prodi yang menjadi minat industri kerja karena lulusan kami selama semuanya terserap di dunia kerja,” ungkapnya.

Dr. Talha melanjutkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk perkembangan Geografi, ia berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif untuk perkembamban prodi Geografi agar lebih baik.

“Untuk itu saran dan masukan dari tim asesor LAMSAMA akan menjadi sesuatu yang berarti bagi kami dan menambah sprit bagi kami para dosen dan civitas akademika prodi Geografi untuk terus berbenah dan melangkah maju kedepan,” tandasnya.

Kemudian, salah satu tim asesor Prof. Dr. Heru Kurwanto, M.Si., dari Universitas Negeri Yogyakarta saat memberikan sambutanya mengaku terkesan dengan dipilihnya tempat pelaksanaan asesmen lapangan di Lantai III Gedung Rektorat UMGO karena dari gedung ini menyugugkan sebuah ke indahan alam dan pesona danau Limboto yang begitu adem dan sejuk.

“Semoga keindahan alam yang bisa kita nikmati saat ini bisa menambah rasa syukur kita kepada sang pencipta dan menambah sprit teman-teman dalam melakukan aktivitas sehari-hari…,”

“Bapak/Ibu kedatangan kami kesini bukan sebagai jaksa atau polisi tapi tujuan kami adalah untuk membawa kemajuan khususnya di Prodi Geografi, evaluasi penting dilakukan untuk menemukan masalah dan kemudian dilakukan suatu perbaikan guna peningkatan kualitas dan mutu semoga hasil dari asesmen ini benar-benar bisa membawa suatu perubahan dan prodi Geogarfi UMGO bisa mendapatkan hasil yang baik,” ucapnya.

Adapun yang membuka kegiatan ini adalah Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome. Dalam sambutannya, Dr. Apris sangat berterimakasih atas terselenggaranya asesmen ini.

“Kegiatan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan kampus, khusnya prodi Geografi, Alhamdulillah di Geografi meskipun segi kuantitas masih sedikit tapi banyak dosen-dosen dan mahasiswa yang berprestasi tidak sekedar lokal tapi hingga dan nasional bahkan internasional…,”

“Dosen-dosen Geografi mendapatkan urutan pertama pada publikasi jurnal Dosen UMGO di Sinta bahkan beberapa jurnal Dosen UMGO terbit di Scopus,” terangnya.

Ia berharap prodi Geografi akan semakin berkembang dan memperoleh hasil sesuai diharapkan dan menjadikan kehadiran tim asesor menjadi motivasi untuk membuat suatu perubahan di prodi Geografi.

“Bagi civitas akademika UMGO, Asesmen ini merupakan hal yang sangat membahagiakan karena bisa bertatap muka dengan tim asesor, bisa berdiskusi dan ajang tukar-menukar saran,” tutupnya.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.