Tingkatkan Kualitas Penjaminan Mutu, Prodi Sistem Informasi UMGO Gelar Asesmen Lapangan

oleh
Prodi Sistem Informasi UMGO

KAMPUS UNGGUL DAN BERKEMAJUAN I Rabu (23/11/2022), Prodi Sistem Informasi UMGO menggelar asesmen lapangan (AL) akreditasi sebagai komitmen dalam menjaga mutu program studi dan perguruan tinggi pada umumnya.

Dengan dua asesor LAM INFOKOM (Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer) yang terlibat, yakni Dr. Tubagus Maulana Kusuma, S.Kom., M.EngSc, yang berasal dari Universitas Gunadarma Jakarta, Dr. Rasim, MT., dari Universitas Pendidikan Bandung.

Asesmen lapangan tersebut bakal berlangsung selama tiga hari, yakni Rabu-Jum’at (23-35 November 2022). Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan dari proses reakreditasi atau pembaruan akreditasi yang sudah dimiliki prodi Sistem Informasi.

Dimana pada hari pertama diawali dengan opening yang berlangsung di Gedung LP2M UMGO dan dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Dr. Ramla Alkatiri, Dekan Fakuktas Sains dan Ilmu Komputer, Dr. Talha Dangkua, Kaprodi Sistem Informasi, Wahyudin Hasyim, M.Kom., Dosen-dosen dan Mahasiswa SI.

“Selamat datang di Gorontalo khususnya di Prodi Sistem Informasi UMGO, sebagaimana kita ketahui kegiatan ini sangat penting bagi kami terutama dalam kualitas penjaminan mutu untuk itu saya berharap semoga melalui kegiatan ini prodi SI mendapatkan pengalaman dan pembelajaran, mendapatkan masukan-masukan dan saran dalam pengembangan SI. Harapan terakhir ialah prodi SI dapat memperoleh hasil yang maksimal,” ucap Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua saat memberikan sambutan.

Sementa itu, salah satu tim asesor LAM INFOKOM, Dr. Tubagus Maulana Kusuma, S.Kom., M.EngSc., berterimakasih atas sambutan yang diberikan oleh prodi SI UMGO dan semangat yang dipancarkan oleh civitas akademika SI UMGO dalam melaksanakan asesmen lapangan ini.

“Saya lihat teman-teman bersemangat dan antusias menerima AL, tujuan kami disini adalah membawa misi pembinaaan dan menginformasikan hal-hal yang bisa membawa kebaikan dan kami akan membawa informasi baik yang ada di disini ke seluruh prodi-prodi yang di Indonesia agar kira bisa maju bersama. Mudah-mudahan UMGO bisa terus berkembang terutama prodi sistem informasi,” harapnya.

Kemudian, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan Akreditasi ini wajib sebagai implementasi penjaminan mutu dan proses ini sudah berlangsung baik ditingkat Universitas, Fakultas maupun Prodi melalui unit penjaminan mutu.

“Adakalanya ada hal-hal yang terlewati, sehingga sistem internal harus didukung dengan yang eksternal. Asesor akan melihat celah-celah atau hal-hal yang perlu diperbaiki untuk menjaga kualitas lulusan…,”

“Nilai bukanlah yang harus dikejar, tapi bagaimana kita menjamin budaya mutu yang berkesinambungan sehingga lulusan memiliki kompetensi yang bisa bersaing ditingkat global. Kepada tim asesor diharapkan dapat memberikan masukan sebagai bekal dalam upaya perbaikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Prodi,” pintanya.

Dr. Salahudin melanjutkan, prodi SI merupakan salah satu prodi yang diandalakan di UMGO dimana saat ini SI sudah mendapatkan kepercayaan dari beberapa desa di Kabupaten Boalemo dan Gorontalo untuk menerapkan sistem aplikasi desa dan mahasiswa atau dosen telah melakukan pengabdian untuk mengajarkan aparat desa menggunakan komputer.

“Atas nama rektor, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada asesor dan mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan. Semoga hasil dari proses AL memberikan peringkat yang terbaik untuk civitas akademika UMGO khususnya prodi Sistem Informasi,” tutupnya.

Asesmen dilanjutkan dengan proses wawancara dengan dosen, mahasiswa dan alumni oleh asesor juga pengguna alumni SI UMGO untuk penilaian secara langsung terhadap laporan yang dikirim ke LAM INFOKOM dan sesi penyampaian penjamin mutu internal, tim akreditasi, para kaur, dan lainnya dan diakhiri dengan tour ruangan dan fasilitas di Prodi SI baik gedung perkuliahan, laboratorium komputer dan fasilitas umum lainnya.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.