Siapkan SOP Penanganan Virus Corona, Pelabuhan dan Bandara Bakal Dilengkapi dengan Scanner Infrared

oleh
Rapat Koodinasi yang digelar Pemprov Gorontalo bersama dinas kesehatan provinsi maupun kabupaten/kota, kepala rumah sakit se-Provinsi Gorontalo, puskesmas, serta instansi terkait lainnya, di Ruang Rapat Huyula, Kantor Gubernur Gorontalo, Senin (27/01/2020).[foto_istimewa]

HABARI.ID I Upaya mencegah masuknya virus Corona di wilayah Gorontalo, pemerintah provinsi Gorontalo mulai memetakan prasarana yang perlu diawasi yang memungkinkan jadi “pintu masuk” penyebaran virus Corona serta melengkapi prasarana tersebut dengan alat pendeteksi virus, scanner infrared.

Upaya antisipasi penyebaran virus Corona ini, dibahas dalam rapat koordinasi pemerintah provinsi Gorontalo bersama Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota.

“Langkah kongkrit yang akan kami lakukan ada tiga hal yakni respon, solusi dan tindaklanjut atau rencana aksi yang akan dilaksanakan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo, Darda Daraba saat memimpin rapat yang digelar ruang Dulohupa, Senin (27/01/2020).

Sekdaprov mengatakan, berdasarkan rapat tersebut, langkah solutif yang akan dilakukan dalam mengatasi penyebaran virus Corona ini adalah melalui pencegahan dan pengobatan.

“Kalau ada yang terdeteksi, penanganan sesuai SOP yang akan dilakukan. SOP pencegahan akan dibuat,” kata Sekda.

Sedangkan untuk pengobatan ada langkah-langkah apa yang harus dilaksanakan. Berdasarkan kesepakatan rapat itu ada rencana aksi yang siap dibuat untuk benar-benar memastikan bahwa Provinsi Gorontalo aman dari virus ini.

“Kita siapkan semua untuk pencegahan baik di darat (terminal), laut (pelabuhan), dan udara (bandara),” kata Sekda.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole M. Si, meminta masyarakat agar tidak panik dengan virus ini.

“Yang diperlukan adalah kewaspadaan diri, dengan memerhatikan gejala dan melakukan pencegahan. Kita juga sudah siapkan posko 1×24 jam di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo,” ungkap Misranda (fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.