Menjaga Indonesia
Daerah

Sepekan Marten A. Taha Raih 2 Penghargaan di Tingkat Nasional

Best Government Officer dan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tancap Nikah Menuju Generasi Unggul

HABARI.ID I Dalam sepekan Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, menerima dua penghargaan bergengsi dan kembali mengangkat citra Pemerintah Kota Gorontalo, dikanca tingkat Nasional.

Dua penghargaan yang diraih Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini, diantaranya Best Government Officer For Preventing Corruption and Promoting Public Ethics, pada program People off The Year 2020 di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Kemudian penghargaan tertinggi Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, atas program inovasi Pemerintah Kota Gorontalo yakni Tancap Nikah (Tanda Aman Calon Pengantin) menuju generasi unggul, Rabu (25/11/2020).

Penghargaan Best Government Officer For Preventing Corruption and Promoting Public Ethics yang diraih Marten sebelumnya, karena dinilai Pemerintahannya sukses membangun paradigma anti korupsi disemua strata sosial baik dilingkungan ASN, Dunia Pendidikan maupun masyarakat umum.

Peradigma yang di bangun adalah, menjadikan tindakan korupsi sebagai musuh yang harus diperangi bersama serta ditangani secara serius.

Berkat tekad yang kuat itu, mendatangkan simpati dari berbagai pihak untuk memberikan dukungan. Salah satunya dari media nasional Metro Tv.

Produser Metro Tv, Carolina mengatakan, dipilihnya Kota Gorontalo sebagai penerima penghargaan telah melalui tahapan penilaian yang cukup panjang dan selektif.

Carolina mengungkapkan proses penilaian sangat dirahasiakan. Dari ratusan daerah, hanya 5 yang dipilih termasuk Kota Gorontalo di dalamnya.

“Penganugerahan people off the year, merupakan rangkaian peringatan Metro Tv yang ke 20 tahun. Kami hadir memberikan apresiasi bagi para tokoh yang telah berkontribusi pada negeri” ucapnya.

Nah, untuk penghargaan berkategori Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, merupakan sebuah inovasi Pemerintah Kota Gorontalo bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait, yang dinilai wajib dijadikan sebagai program rujukan Nasional.

Marten katakan, anugerah prestasi ini diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI Tjahjo Kumolo.

“Saya tentunya berterima kasih kepada pemerintah pusat atas penghargaan dan apresiasi untuk inovasi Tancap Nikah dari Pemkot Gorontalo. Ini adalah sebuah kebanggaan bagi kita sekaligus juga tantangan agar semakin meningkatkan pelayanan publik kedepan,” ujar Marten.

Inovasi Tancap Nikah digagas oleh Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, dan beroritentasi untuk menjamin masa depan generasi muda yang sehat dan produktif.

Program ini menonjolkan upaya penanganan sejak dari hulu, dengan tajuk layanan pranikah. Konsep ini juga mengusung kolaborasi antara Dinas Kesehatan dengan Kementrian Agama, juga dengan lintas sektor sampai ditingkat kelurahan.

“Salah satu layanannya setiap calon pengantin akan mendapatkan pelayanan pranikah. Dari aspek kesehatan sampai pembimbingan spiritual. Harapannya setelah mereka menikah, hubungan akan harmonis, sehat dan dapat melahirkan generasi unggul,” kata Marten.

Menyusul capaian ini pula, Marten menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung program Tancap Nikah di Kota Gorontalo.

Ia juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, yang telah memberikan respon baik terhadap setiap inovasi yang digulirkan Pemkot Gorontalo.

“Dukungan masyarakat menjadi kunci sehingga program-program Pemkot Gorontalo bisa berjalan maksimal. Penghargaan yang kita terima ini adalah buah dari kerja sama kita semua …”

“Hasil ini harus dapat memberikan semangat yang lebih besar bagi kita jajaran pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Gorontalo,” ujar Marten.(bnk/habari.id).