Semarak Bulan Bahasa, Pusat Pengembangan Bahasa LP3M UMGO Helat Banyak Lomba

oleh
Bulan Bahasa

KAMPUS UNGGUL DAN BERKEMAJUAN I Menyemarakkan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dan Sastra yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Pusat Pengembangan Bahasa Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Gorontalo (LP3M UMGO) mengadakan Festival Bahasa dan Sastra, Semarak Bulan Bahasa yang pembukaannya dilaksanakan pada Senin (24/10/2022) di Gedung Indoor David Bobihoe Akib.

Banyak lomba dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa LP3M UMGO diantaranya, kegiatan pembukaan dan technical meeting pada 24 Oktober, Bazar dan apresiasi seni akan diadakan pada 25-26 Oktober, Story Telling 3 Bahasa (Arab, Inggris,Indonesia, Gorontalo) 27 Oktober.

Ada juga lomba Debat Bahasa Indonesia, Musikalisasi Puisi dan Tanggomo yang akan diselenggarakan pada 27 Oktober, dan yang terakhir Seminar Nasional, Pengumuman dan penutupan lomba jatuh pada tanggal 28 Oktober 2022.

Juga akan diikuti oleh perwakilan jurusan dari setiap fakultas, jurusan ataupun prodi yang ada di UMGO.

Kepala Pusat Bahasa LP3M UMGO, Atiq Aqiqotul Hasanah, MA., menjelaskan tujuan diadakannya semarak Bulan Bahasa adalah untuk menumbuhkan budaya literasi di kalangan civitas UMGO, khususnya mahasiswa.

“Semoga mahasiswa mampu mengekspresikan talenta masing-masing dengan menciptakan karya mereka dan bisa mencintai bahasa Indonesia, daerah dan mempelajari bahasa asing…,”

“Terimakasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung baik pimpinan, jurusan sastra UMGO baik dosen dan mahasiswa juga sponsor kegiatan kali ini,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof. Moon Hidayati Otoluwa mewakili Rektor UMGO, turut mengapresiasi inisiasi LP3M dalam menggelar kegiatan yang manfaatnya sangat luar biasa baik bagi LP3M sendiri, Kampus maupun mahasiswa.

Bulan Bahasa

Ini tentu saja dapat menumbuhkan kesadaran berbahasa yang baik di lingkup kampus bahkan saat berada di luar kampus.

“Acara bulan bahasa kali ini saya benar- benar mengapresiasi semua pihak, yang mana acara ini juga bertujuan untuk menggali potensi mahasiswa dalam bidang bahasa dan sastra,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga digelar berkaitan dengan hari Sumpah Pemuda karena dalam salah satu point ikrar Sumpah Pemuda, bahasa menjadi salah satu elemen penting.

“Ini perlu kita syukuri karena sebagai pimpinan saya merasa senang, karena kita atau UMGO turut menyemarakkan sumpah pemuda yang didalamnya tercantum bahasa yang menjadi unsur pening…,”

“Untuk itu jadikan bahasa Indonesia bahasa utama, lestarikan bahasa daerah dan kita menguasai bahasa internasional agar bisa menguasai dunia,” tandas Wakil Rektor I.

Prof Moon juga berharap, semoga tahun depan UMGO dapat menorehkan prestasi yang gemilang dan akan ada utusan mahasiswa UMGO kedepan, yang dapat mengikuti Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) internasional yang saat ini tengah dipersiapkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UMGO.

“Dengan kegiatan ini semoga mahasiswa akan semakin bersemangat untuk mempersiapkan diri mengikuti event-event yang berkaitan dengan bahasa dan sastra juga pelaksanaan KKN MAs internasional mendatang, melalui lomba ini menjadi ajang kalian untuk belajar bahasa dan semoga kegiatan ini bisa ada terus sehingga UMGO bisa terus maju,” tutupnya.

Turut hadir, Wakil Rektor I, Prof. Moond Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Ketua LP3M Dr. Thamrin Kum, Ketua LP2M UMGO, Dr. Indri Afriani Yasin, Kepala Pusat Bahasa LP3M UMGO, Atiq Aqiqotul Hasanah,MA., Dekan-dekan, Dosen Jurusan Sastra UMGO, dan mahasiswa juga peserta lomba.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *