Sebanyak 440 Pantarlih Akan Direkrut KPU Pohuwato

oleh
banner 468x60

HABARI.ID – Perekrutan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mulai dibahas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato dalam rapat kerja yang digelar, Selasa, (11/06/2024).

Iskandar Ibrahim selaku Komisioner KPU Pohuwato Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, menerangkan bahwa KPU Pohuwato nantinya akan merekrut sebanyak 440 Pantarlih Pilkada 2024.

banner 468x60

Untuk pengumuman perekrutan pantarlih tersebut kata dia, akan dilakukan pada 13 Juni 2024. Dan selanjutnya, pada Tangal 14 – 20 Juni akan dilakukan perekrutan dan penelitian administrasi calon Pantarlih Pilkada.

“Jadi dari 257 Tempat Pemungutan Suara (TPS) hasil pemetaan yang dilakukan oleh KPU dan PPK, dalam hal ini untuk TPS Pilkada. Kurang lebih ada 257 jumlah TPS, sehingga kita membutuhkan 440 pantarlih,” kata Iskandar

Pantarlih pilkada tersebut kata Iskandar, nantinya akan bertugas untuk mencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih di Pilkada 2024. Lebih lanjut, Iskandar merinci tugas -tugas yang akan dilakukan pantarlih.

Tugas pantarlih pertama, membantu KPU Kabupaten/ Kota, PPK, PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemuktahiran data pemilih. Kedua, melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih. Ketiga, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih. Keempat, menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS. Kelima, melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS, sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

Bagi yang ingin menjadi pantarlih Pilkada 2024, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut di antaranya, minimal berusia 17 Tahun, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), menyertakan surat berbadan sehat, menyertakan surat pernyataan tidak terdaftar sebagai peserta pilkada dan juga tidak terdaftar sebagai anggota partai politik.

banner 468x60

“Dalam penyertaan surat keterangan berbadan sehat itu harus juga dilampirkan hasil pemeriksaan untuk penyakit penyerta, terutama 3 penyakit. Pertama, pemeriksaan tekanan darah. Kedua, kolestrol dan terakhir gula darah,” jelas Iskandar.

Untuk diketahui, dalam rapat kerja persiapan pembentukan Pantarlih Pilkada tersebut dihadiri Ketua KPU Pohuwato Firman Ikhwan, Anggota KPU Iskandar Ibrahim, Iwan Dolongseda, Dian Pakaya, Usman Dunda, dan Anggota Bawaslu Munawar, serta PPK dan Kepala – Kepala Puskesmas. (Mg/habari.id)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60