Rifli Minta Sandiman dan Pejabat Pengelola Terus Berinovasi Tunjukkan Eksistensi

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, PEMPROV | Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo, Rifli M. Katili meminta para Sandiman dan pejabat pengelola persandian dapat menunjukkan eksistensi persandian melalui berbagai macam kegiatan.

“Perlu dirumuskan dalam rakor ini kegiatan apa yang bisa dilakukan antara provinsi dan kabupaten kota. Coba digali, dirancang kegiatan apa yang bisa melibatkan kabupaten/kota, agar kelihatan eksistensi persandian, kelihatan kegiatannya, dan agar orang aware bahwa sandi itu penting, sandi itu strategis, sandi itu dibutuhkan oleh semua pekerjaan, semua kepentingan terkait data dan informasi,” pinta Rifli saat membuka kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi Persandian kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo, Rabu (7/2/2024) di ruang Poboide kantor Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Bone Bolango.

banner 468x60

Rifli mengatakan saat ini orang tahunya persandian itu hanya tentang kriptografi, skalanya hanya terbatas hal-hal yang kecil, padahal jika kita buka, kita bedah, luar biasa, banyak sekali yang berhubungan dengan persandian.

“Persandian ini penting, kalau dulu kita berbicara tentang sandi hanya tentang  kriptografi, tapi hari ini persandian lebih luas berkaitan dengan siber, keamanan data, keamanan informasi dan banyak hal lainnya,” jelas Rifli.

Selama ini kata Rifli, kegiatan persandian terbentur pada 3 hal yaitu SDM khususnya ketersediaan sandiman, anggaran dan peralatan penunjang persandian. Ini membuat Rifli mendorong orang-orang yang berada di persandian untuk lebih aktif lagi berbuat dan menunjukkan tentang apa dan bagaimana persandian sehingga bisa lebih dikenal oleh pimpinan baik sekretaris daerah maupun bupati/walikota hingga gubernur.

“Persandian ini penting, kalau dulu kita berbicara tentang sandi hanya tentang  kriptografi, tapi hari ini persandian lebih luas berkaitan dengan siber, keamanan data, keamanan informasi dan banyak hal lainnya, buatlah kegiatan yang membuat persandian lebih dikenal,” pungkasnya. (edm/habari.id)

banner 468x60

Baca berita kami lainnya di