Menjaga Indonesia

Ratusan Atlet PERGATSI Ikut Open Tournament Gateball

HABARI.ID I Open Tournament (kejuaraan terbuka) Gateball Gubernur Gorontalo Cup I resmi dimulai, Sabtu (7/3/2020). Kejuaraan yang dipusatkan di Stadion Merdeka Nani Wartabone, Kota Gorontalo itu diikuti sebanyak 298 atlet Persatuan Gateball Indonesia (PERGATSI).

Para atlet yang tampil di Open Tourmanent Gateball berasal dari 5 provinsi. Yaitu Gorontalo, Sulawesi Utara, Papua Barat, Sumatera Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, saat membuka turnamen mengatakan pemerintah menggalakkan pembangunan di segala sektor. Termasuk di bidang olahraga, salah satunya gateball.

Open tournament ini bertujuan untuk menciptakan bibit bibit yang berprestasi dalam gateball. Kedua, kita ingin memasyarakatkan gateball lebih luas lagi,” jelas Darda Daraba.

Saat ini di Gorontalo, olahraga gateball telah berkembang di kabupaten/kota.

“Mudah mudahan ini terus berlanjut. Kami ingin mendorong pengurus di daerah untuk mengadakan turnamen di tiap kabupaten kota,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Open Tournament Gateball Gubernur Cup I, Handoyo Sugiharto, mengatakan turnamen tersebut digelar serangkaian peringatan Hari Patriotik 23 Januari.

Turnamen yang pertama kalinya digelar di Provinsi Gorontalo ini, memperebutkan piala bergilir, piala tetap serta bonus jutaan rupiah. Cabang lomba yang dipertandingkan meliputi kategori beregu bebas, dan double bebas.

“Kegiatan ini diikuti 5 Provinsi, sehingga kami optimis bahwa kegiatan ini berkembang dan akan banyak diminati oleh masyarakat luas, karena kegiatan ini baru sekitar 10 tahun dan berkembang pertama kalinya di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum,” jelas Handoyo.

Pria yang menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo menambahkan, dengan adanya turnamen tersebut, Provinsi Gorontalo sudah siap mengirim atlet Gateball, jika cabang olahraga di pertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Hasil dari turnamen ini diharapkan bisa untuk menghidupkan olahraga Gateball yang ada di Indonesia. Sehingga jika ada turnamen lainnya, kami siap untuk mengikuti turnamen tersebut,” pungkasnya.(rls/fp/habari.id)