Menjaga Indonesia

Program Usulan Pemprov Gorontalo, Masuk Proyek Prioritas Nasional

HABARI.ID | Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, menerima usulan program prioritas Pemerintah Provinsi Gorontalo tahun 2022 yang dipaparkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, pada Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) tahun 2021 yang digelar secara virtual, di ruangan Huyula Gubernuran Gorontalo, Selasa (23/2/2021).

“Semua program yang diusulkan Pemprov Gorontalo bisa masuk dalam proyek prioritas nasional dan akan kita evaluasi berdasarkan prioritasnya,” kata Suharso.

Pada forum Rakorgub tahun 2021 para Gubernur menyampaikan major project atau proyek prioritas nasional untuk tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Gorontalo mengusulkan proyek prioritas untuk mendukung major project yang pendanaannya bersumber dari dana APBN. Proyek tersebut terdiri dari penguatan jaminan usaha serta 350 korporasi petani dan nelayan, pembangunan fasilitas pengolahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), serta pemulihan empat Daerah Aliran Sungai (DAS) kritis.

“Untuk major project pertama berupa fasilitasi sarana pasca panen tanaman pangan, pasca panen perikanan, bantuan benih jagung bersertifikat, serta pengembangan kawasan kelapa,” papar Idris.

Sementara untuk usulan proyek prioritas untuk mendukung prioritas nasional, Pemprov Gorontalo mengusulkan beberapa program, di antaranya penuntasan Jalan Lingkar Luar Gorontalo (GORR) segmen satu, pengendalian banjir Sungai Bone dan Sungai Bulango, serta Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Gorontalo Raya.

Sedangkan untuk proyek prioritas baru, Gorontalo mengusulkan pengembangan Geopark Gorontalo, revitalisasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Talumelito, serta pembangunan rusunawa untuk Aparatur Sipil Negara Provinsi Gorontalo.

Selain itu Pemprov juga mengusulkan pendanaan APBN untuk proyek yang sudah berlangsung sebelum RPJMN tahun 2020-2024. Proyek tersebut terdiri dari pembangunan Bendungan Bulango Ulu dan revitalisasi Danau Limboto.

“Kami berharap seluruh program yang diusulkan Pemprov Gorontalo bisa diakomodir dalam Program Prioritas Nasional untuk tahun 2022,” tutupnya. (edm/habari.id)