Pertama di Gorontalo, RSUD Otanaha Gunakan Teknologi 3D Pemeriksaan Gigi

oleh
3d
Habari.Id
banner 468x60

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Otanaha Kota Gorontalo saat ini telah menggunakan teknologi 3D untuk pemeriksaan Gigi.

Hanya RSUD Otanaha Kota Gorontalo yang memiliki alat teknologi canggih untuk Poliklinik Gigi, yaitu Cone beam computed tomography (CBCT).

Direktur RSUD Otanaha Kota Gorontalo, dr. Grace Tumewu katakan bahwa alat Cone beam computed tomography (CBCT) adalah salah satu tipe khusus pencitraan dengan menggunakan sinar-X.

Prosedur ini dilakukan ketika foto rontgen gigi atau wajah tidak cukup memberikan informasi tentang kondisi klinis pasien.

CBCT memiliki berbagai kelebihan dibandingkan foto rontgen biasa, yaitu hasil 3D hanya dengan single scan yang dapat menggambarkan struktur gigi, jaringan ikat, jalur saraf dan struktur tulang kepala-wajah dengan lebih detail.

Selain itu Ia tambahkan, kualitas foto yang dihasilkan CBCT sangat baik. Sebab, pemeriksaan ini memanfaatkan fitur yang berotasi untuk memproduksi gambar yang lebih besar, yang disebut view.

“Ini merupakan alat tercanggih saat ini yang hingga saat ini hanya digunakan di RUSD Otanaha,” jelas dr. Grace Tumewu.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di