Pemkot Mojokerto Ambil Langkah Strategis Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

HABARI.ID I Mengantisipasi melonjaknya Covid-19, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari selaku ketua Satgas Covid-19, meminta agar segera dirumuskan strategi untuk menyediakan dan meningkatkan kapasitas tempat tidur dengan berpedoman pada angka tertinggi yang pernah disediakan. Hal tersebut disampaikan saat memimpin rapat Analisa dan Evaluasi (ANEV), Jumat 11/2/2022.

Menanggapi hal tersebut, dr. Trias Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menjelaskan, langkah strategis yang diambil oleh Pemerintah Kota Mojokerto untuk mengantisipasi melonjaknya Covid-19 pada PPKM level 2 saat ini diantaranya, untuk rawat inap hanya diperuntukkan bagi pasien dengan indikasi sedang dan berat, sedangkan untuk pasien gejala ringan akan diarahkan untuk dirawat diisoter.

Lebih lanjut dr.Trias menyampaikan hasil assessment situasi covid-19 Kota Mojokerto. ”Testing, tracing dan treatmen di Kota Mojokerto sudah memadai begitu pula dengan vaksinasi.”jelasnya. Ia menambahkan agar himbauan Prokes 5M terus menerus disampaikan kepada masyarakat serta mengaktifkan kembali Satgas Covid-19 pada masing-masing tingkatan dalam penerapan Protokol Kesehatan.

Selain langkah tersebut, vaksinasi booster juga akan ditingkatkan terutama bagi kelompok rentan dan lansia. Disamping itu pasien isoman akan disiapkan obat-obatan yang didistribusikan ke rumah. “Bagi pasien isoman juga akan diberikan pelayanan telemedicine” tuturnya.

Rapat ANEV yang berlangsung di ruang Sabha Mandala Madya Pemkot Mojokerto, dilanjutkan dengan rapat koordinasi bersama Menteri Koordinasi Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam pengarahannya Luhut menyampaikan agar masing-masing daerah mempercepat pelaksanaan vaksinasi dan perawatan pasien komorbid.

Turut hadir pada rapat ANEV hari ini adalah Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Dandim 0815/Mojokerto yang diwakili Danramil Prajuritkulon Kapten Inf. Nuril Mustofa, Kapolres Mojokerto Kota, diwakili Kabag. SDM. Kompol. Deny Susanto, serta Kasubsi Ekonomi, Keuangan & Pengamanan Pembangunan Strategis Agung Setyolaksono yang mewakili Kajari Kota Mojokerto. (Cha/Habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.