Pastikan Bendungan Lomaya Berfungsi Dengan Baik, Komisi III Deprov Tinjau Lokasi Bendungan

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, DEPROV | Jajaran Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo memantau dan memastikan kondisi Irigasi Lomaya berfungsi dengan baik. Pasalnya, pada musim penghujan biasanya akan membawa signifikan terhadap pertanian dan pasokan air.

Irigasi yang dikunjungi Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo itu berada di Desa Lomaya, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (08/05/2024). Peninjauan itu sebagai salah satu langkah untuk memastikan fungsi irigasi sebagai salah satu sumber utama air baku, pembenihan dan lahan pertanian berfungsi normal.

banner 468x60

“Kita hanya memastikan saja bahwa Irigasi Lomaya ini masih berfungsi normal, dan mudah-mudahan sesuai fungsi jangan sampai irigasi ini menjadi penyebab banjir, kita harus antisipasi sebelum ada banjir,” jelas Erwinsyah Ismail.

Politisi Partai Demokrat ini menilai pentingnya kunjungan lapangan ini dalam menghadapi tantangan yang mungkin timbul selama musim hujan. Dia menekankan bahwa keberadaan Irigasi Lomaya harus terus berjalan dengan baik dan tidak mengalami kendala yang dapat mengganggu fungsi utamanya.

Hasil pemantauan itu menunjukkan bahwa Irigasi Lomaya masih beroperasi secara normal, sehingga memberi rasa lega bagi jajaran anggota Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo.

Namun ia akan merasa prihatin terhadap potensi risiko bencana banjir yang dapat dipicu oleh kerusakan atau gangguan pada infrastruktur irigasi. Sehingga perlu ada pengendalian yang ketat dan langkah-langkah preventif yang efektif untuk meminimalkan risiko tersebut.

“Yang paling penting adalah koordinasi antara pihak terkait dalam memastikan pemeliharaan dan perawatan yang teratur terhadap Irigasi Lomaya untuk mencegah terjadinya kerusakan yang tidak terduga serta meningkatkan ketahanan infrastruktur irigasi terhadap tekanan musim hujan yang akan datang,” tandasnya. (dik/habari.id)

banner 468x60

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60